Heli Terbang Rendah dan Hancurkan Toko di OKU Timur, Ini Faktanya

Videonya viral, TNI: semua kerusakan sudah diganti

OKU Timur, IDN Times - Sebuah video yang merekam helikopter terbang rendah menjadi viral di media sosial. Angin dari heli itu meluluhlantakan parkiran dan sebuah toko pempek di Kawasan Maratapura Kabupaten OKU Timur.

Saat kejadian, helikopter tersebut tengah terbang rendah sehingga angin yang dihasilkan oleh baling-baling yang berputar segera menarik benda yang ada di bawahnya.

Dalam video yang tersebar di akun media sosial @mpalipp tersebut, helikopter tengah terbang rendah hampir mendekati tinggi tiang listrik.

Saat dikonfirmasi Komandan Satuan Penugasan (Dansatgas) Penerangan Latihan Antar Kecabangan (Ancab) Angkatan Darat (AD) Kapten CHB Mayang Seto Permono membantah kejadian tersebut, terjadi baru-baru ini. Menurutnya, video yang tersebar di publik itu merupakan video lama yang disebarkan kembali.

"Saya kurang monitor, apa kemungkinan video tahun lalu," ungkap Mayang Seto kepada IDN Times, Rabu (10/11/2021).

Baca Juga: MK Tolak Gugatan, Petahana OKU-OKU Selatan Segera Dilantik

1. Saat kejadian, heli diduga tengah dipakai untuk latihan tempur

Heli Terbang Rendah dan Hancurkan Toko di OKU Timur, Ini FaktanyaToko yang rusak akibat helikopter terbang rendah (IDN Times/istimewa)

Mayang tidak menyebutkan kapan kejadian itu terjadi. Namun, dalam narasi video itu kejadian terbang rendahnya helikopter milik TNI AD tersebut terjadi saat latihan tempur yang dilakukan pada tanggal 5 November 2021 lalu.

Saat itu, anggota TNI tengah melakukan iring-iringan alutsista. Terlihat ada personel yang juga tengah berjalan menuju Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Martapura di lokasi kejadian.

"Persisnya saya kurang tahu, kayaknya sih bukan di OKU Timur," ujar dia.

2. Kapendam II Sriwijaya benarkan kejadian terjadi baru-baru ini

Heli Terbang Rendah dan Hancurkan Toko di OKU Timur, Ini FaktanyaPotongan video helikopter milik TNI AD yang terbang rendah di OKU Timur (IDN Times/istimewa)

Sebelum kejadian helikopter TNI AD memporakporandakan salah satu bangunan yang terbuat dari besi holo, sempat menjadi tontonan anak-anak. Kapendam II Sriwijaya Kolonel Caj Jono Marjono membenarkan kejadian helikopter TNI AD yang melakukan manuver rendah. Menurutnya, kios yang rusak langsung diperbaiki di hari yang sama.

"Semuanya sudah ditangani dan diganti rugi," ungkap Jono.

3. Semua yang rusak telah diganti TNI

Heli Terbang Rendah dan Hancurkan Toko di OKU Timur, Ini FaktanyaIlustrasi unit helikopter Bell 412 EP yang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia untuk TNI Angkatan Darat (Dokumentasi PT DI)

Saat ini TNI AD memang sedang melakukan latihan tempur di Puslatpur Martapura. Latihan tempur itu sendiri dilakukan sejak tanggal 3 November hingga 20 November mendatang.

"Semua sudah dikembalikan seperti semula. Intinya sudah selesai," kata dia.

Baca Juga: Cari Tahu 5 Fakta Menarik di Ogan Komering Ilir Sumsel Yuk!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya