Hari Anak Nasional, Bocah di Palembang Ini Malah Jadi Begal

Pelaku tidak takut untuk menusuk korban

Palembang, IDN Times - Hari Anak Nasional (HAN) yang menjadi peringatan bagi anak-anak Indonesia bersuka ria sebagai generasi penerus bangsa, terpaksa dijalani berbeda oleh HK (17). Bocah di bawah umur ini ditangkap polisi karena menjadi pelaku begal sadis di Palembang.

Petugas kepolisian Polsek Ilir Barat 1 meringkus HK dari hasil pengembangan kasus penodongan dan ancaman kasir warnet di kawasan Puncak Sekuning, Palembang, beberapa waktu lalu.

"Tersangka merupakan pelaku begal sadis yang kerap mencuri dengan kekerasan. Setelah kita telusuri, ternyata pelaku sudah biasa melakukan aksinya. Terhitung ada lima laporan yang masuk di berbagai Polsek dan Polrestabes Palembang," ungkap Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Anom Satyadji, Selasa (23/7/2020).

1. Tersangka adalah eksekutor yang kerap melukai korban

Hari Anak Nasional, Bocah di Palembang Ini Malah Jadi BegalIlustrasi Begal (IDN Times/Mardya Shakti)

Aksi begal dilakukan HK pernah membuat celaka korbannya hingga mengalami cacat seumur hidup. Korban mengalami luka bacok dengan senjata tajam. Kejadian tersebut terjadi di taman TVRI, Jalan Pom IX Kelurahan Pakjo, Kecamatan Ilir Barat I pada 26 Januari 2020 lalu.

"Mereka berkelompok dalam menjalankan aksinya. Rata-rata temannya sudah tertangkap. Tersangka ini juga merupakan eksekutor yang membacok setiap korban," jelas dia.

Baca Juga: Forum Anak Sumsel: Taman Bermain Dijadikan Tempat Pacaran dan Merokok

2. Tersangka merupakan residivis

Hari Anak Nasional, Bocah di Palembang Ini Malah Jadi Begalidn media

Dari pengakuan tersangka HK, ia melakukan begal untuk mendapatkan uang. Dirinya mengaku tidak takut untuk melukai korban jika melawan. Uang tersebut juga diakui HK untuk berfoya-foya bersama teman-temannya.

"Saya sudah pernah tertangkap 2019 lalu, dan menjalani hukuman selama empat bulan penjara," jelas dia.

3. Komplotan begal juga takuti warga dengan pistol mainan

Hari Anak Nasional, Bocah di Palembang Ini Malah Jadi BegalRilis pelaku begal oleh Kapolrestabes Palembang (IDN Times/Istimewa)

HK menuturkan, ia beserta kawan-kawanya juga menakut-nakuti korban dengan menodongkan pistol mainan. DA yang berstatus DPO kata HK bertugas memegang senjata api mainan tersebut.

"Kalau yang memegang pistol milik kawan aku. Pistol itu cuma main-mainan, bukan senjata asli," tandas dia.

Baca Juga: Pria di Palembang Tewas Ditembak dan Dibacok Saat di Teras Musala

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya