Comscore Tracker

Harga Ayam dan Sapi Naik, Gubernur Sumsel Pastikan Terkendali

Cegah masyarakat lakukan Punic Buying

Palembang, IDN Times - Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Herman Deru, mengungkapkan ada beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga jelang bulan puasa, seperti daging ayam dan sapi.

Kenaikan berkisar antara lima hingga tujuh persen dari harga normal. Menurut Deru, besaran harga masih dapat ditoleransi atau di ambang batas yang tidak terlalu tinggi.

"Kenaikan harga terjadi lantaran permintaan yang meningkat. Namun kenaikan harga masih wajar," ungkap Deru saat meninjau Pasar KM5 Palembang, Senin (12/4/2021).

1. Gubernur pastikan ada operasi pasar jika harga tak terkendali

Harga Ayam dan Sapi Naik, Gubernur Sumsel Pastikan TerkendaliANTARA FOTO/Fenny Selly

Menurut Deru, kenaikan harga diharapkan tidak memunculkan fenomena panic buying yang justru memperparah harga di pasaran. Namun Deru tetap memastikan stok kebutuhan pokok tetap ada di pasaran.

"Yang repot jika harga sudah naik, pasokan di pasar terbatas. Jika ada kenaikan harga yang tinggi, siram dengan operasi pasar," jelas dia.

Baca Juga: Pemkot Palembang Adakan Pasar Murah Saat Ramadan

2. Cegah tidak ada panic buying

Harga Ayam dan Sapi Naik, Gubernur Sumsel Pastikan TerkendaliGubernur Sumsel, Herman Deru meninjau pasar Palimo (IDN Times/Humas Pemprov Sumsel)

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sumsel, Ruzuan Effendi mengungkapkan, kenaikan harga memang terjadi karena permintaan terhadap daging ayam dan daging sapi yang meningkat. Menurutnya, kenaikan harga telah terpantau di tingkat agen.

Pemprov meminta masyarakat membeli komoditas alternatif dengan harga yang lebih murah, seperti daging sapi beku yang dijual Rp105.000 per kilogram.

"Jika lonjakan masih terjadi, kita siap melakukan operasi pasar. Operasi pasar akan digelar di daerah padat penduduk atau di kawasan yang jauh dari pasar. Ini dilakukan agar tidak terjadi panic buying," jelas dia.

3. Pedagang ayam dan sapi akui ada kenaikan harga

Harga Ayam dan Sapi Naik, Gubernur Sumsel Pastikan TerkendaliGubernur Sumsel, Herman Deru meninjau pasar Palimo (IDN Times/Humas Pemprov Sumsel)

Berdasarkan pengamatan IDN Times di Pasar Lemabang dan KM5 Palembang, kenaikan harga ayam berkisar Rp38.000-Rp40.000 per kilogram. Sedangkan harga daging sapi sekitar Rp140.000 sampai Rp150.000 per kilogram.

Menurut seorang pedagang ayam di Pasar KM5 Palembang, Icha (34), kenaikan daging ayam sudah terjadi sejak dua minggu yang lalu. Kenaikan terjadi secara bertahap, mulai dari Rp 35.000 per kilogram hingga menyentuh Rp40.000 per kilogram.

"Biasanya pada pertengahan bulan Ramadan harga akan turun. Namun akan kembali naik lagi beberapa hari sebelum lebaran," beber dia.

Sedangkan menurut pedagang daging, Yanti (33), harga daging yang ia jual meningkat dari Rp120.000 per kilogram menjadi Rp 150.000 per kilogram.

"Kami terpaksa menaikan harga karena memang dari rumah potong hewan (RPH) Palembang sudah naik. Di tingkat RPH harga per kilogram sudah naik dari Rp90.000 menjadi Rp98.000 per kilogram," tutup dia.

Baca Juga: Bulog Sumsel Babel Siapkan 14 Ton Daging Beku Jelang Ramadan

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya