Gubernur Instruksikan RS di Sumsel Gratiskan Pemeriksaan Gejala Corona

Gubernur Sumsel imbau masyarakat tetap waspada dan tak lalai

Palembang, IDN Times - Gubernur Sumsel, Herman Deru berjanji akan mengeluarkan instruksi kepada seluruh rumah sakit di Sumsel untuk memberikan pelayanan deteksi dini terhadap virus Corona (Covid-19).

"Saya akan keluar kan instruksi ke seluruh rumah sakit, baik swasta dan negeri untuk memberikan pelayanan deteksi dini secara gratis," ujar Herman Deru, saat inspeksi kerja Satgas Corona di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Senin (16/3).

1. Gubernur Sumsel tunggu hasil rapat seluruh dinas sebelum keluarkan kebijakan

Gubernur Instruksikan RS di Sumsel Gratiskan Pemeriksaan Gejala CoronaGubernur Sumsel, Herman Deru membagikan masker (IDN Times/Rangga Erfizal)

Soal instruksi Presiden mengenai kebijakan lock down daerah masing-masing, mantan Bupati OKU Timur itu menjelaskan, masih menunggu laporan dari setiap kepala dinas terkait dan forkompinda mengenai pencegahan wabah virus corona.

"Kemarin kita sudah dengar instruksi oleh Presiden yang memberikan keluasan kepada kepala daerah, untuk mengeluarkan kebijakan masing-masing. Untuk itu, saya meminta laporan dari dinas-dinas apakah perlu sekolah diliburkan, kalau sudah dengar laporan akan saya umumkan setelah rapat nanti," jelas dia.

2. Gubernur Sumsel imbau agar masyarakat jangan sampai lalai

Gubernur Instruksikan RS di Sumsel Gratiskan Pemeriksaan Gejala CoronaGubernur Sumsel, memberikan imbauan di bandara (IDN Times/Rangga Erfizal)

Herman Deru menerangkan, walau di Sumsel belum ada pasien yang terdeteksi positif corona, bukan berarti mengurangi kewaspadaan terhadap wabah virus tersebut. 

"Alhamdulilah Sumsel masih terbebas. Jangan sampai kita lalai, kita mengingatkan baik pendatang dan yang tinggal di Sumsel untuk melakukan upaya pencegahan," jelas dia.

Baca Juga: Pasien Suspect Corona dari Lubuklinggau Dirujuk Ke RSMH Palembang

3. Herman Deru meminta produktivitas masyarakat tidak menurun

Gubernur Instruksikan RS di Sumsel Gratiskan Pemeriksaan Gejala CoronaGubernur Sumsel memberikan masker kepada para sopir di bandara (IDN Times/Rangga Erfizal)

Dengan maraknya wabah ini, Herman Deru menegaskan, produktivitas tidak boleh terganggu. Bandara, tempat pelayanan publik, sekolah baik dari pendidikan dini hingga perguruan tinggi, harus menggunakan masker saat beraktifitas dan menjaga kebersihan masing-masing.

"Produktivitas kita tidak boleh berhenti. Kita sikapi wabah ini sebagai ujian. Kita perlu meningkatkan kewaspadaan. Agar virus ini tidak mewabah di Sumsel," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya