Evakuasi Korban, Ada 8 Anak-anak Tewas Terjebak dalam Bus Sriwijaya 

Bangkai Bus Sriwijaya berhasil ditarik dari dasar jurang

Pagaralam, IDN Times - Korban armada Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Bus Sriwijaya Ekspress jurusan Bengkulu-Palembang yang jatuh di jurang di Desa Prahu Dipo, Kecamatan Dempo Selatan, Pagaralam, Sumsel, terus bertambah. 

Menurut Kapolres Pagaralam, AKBP Dolly Gumara, hasil pencarian terhadap korban yang berhasil dievakuasi sudah 44 orang, dengan total meninggal dunia 31 orang. Kemudian sisa 13 orang mengalami luka dan masih dirawat di Rumah Sakit Basemah Pagaralam. Tim dari kepolisian juga membuka posko Disaster Victim Investigation (DVI) untuk mencocokkan data keluarga dan hasil evakuasi para korban. 

"Untuk korban luka dibagi jadi 9 luka berat dan 4 luka ringan. Korban meninggal dunia yang berhasil kita evakuasi ada 27 oang, dan ada 4 jenazah lagi belum teridentifikasi," ujar AKBP Dolly Gumara, kepada IDN Times, Rabu (25/12).

1. Korban anak-anak banyak terjebak dalam bus yang tenggelam

Evakuasi Korban, Ada 8 Anak-anak Tewas Terjebak dalam Bus Sriwijaya Kondisi jurang tempat jatuhnya bus (IDN Times/istimewa)

Dolly mengungkapkan, dari jumlah keseluruhan korban yang tewas, ada 8 anak-anak yang ikut tewas. Saat dievakuasi oleh tim SAR gabungan, ternyata banyak yang terjebak dalam bus, akibat kesulitan.

"Rata-rata korban anak yang meninggal saat kejadian tidak bisa keluar dari bus dan ikut tenggelam bersama bus tersebut. Ada empat anak laki-laki dan empat anak perempuan yang meninggal dunia," ungkap dia.

2. 25 jenazah sudah diambil pihak keluarga

Evakuasi Korban, Ada 8 Anak-anak Tewas Terjebak dalam Bus Sriwijaya Korban bertambah menjadi 26 orang (IDN Times/Istimewa)

Para korban yang berhasil dievakuasi, terang Dolly, langsung dibawa untuk diperiksa tim DVI Polda Sumsel. Diduga kebanyakan para korban saat kejadian tertidur sehingga tidak sempat menyelamatkan diri.

"Hingga hari ini sudah 25 jenazah yang diambil oleh pihak keluarga. Untuk 3 jenazah lagi belum diambil. Sedangkan korban luka ringan yang sudah kembali 2 orang," terang dia.

Baca Juga: Penumpang Bus Sriwijaya Rute Bengkulu-Palembang Akui Sopir Ugal-ugalan

3. Tim SAR terus melakukan pencarian sejauh 5 kilometer dari lokasi kejadian

Evakuasi Korban, Ada 8 Anak-anak Tewas Terjebak dalam Bus Sriwijaya Kondisi jurang tempat jatuhnya bus Sriwijaya (IDN Times/Istimewa)

Sementara, Humas Basarnas Palembang, Taufan mengatakan, pihaknya terus melakukan proses pencarian korban. Karena bus yang jatuh di sungai yang alirannya cukup deras, dikhawatirkan ada korban yang terbawa arus.

"Penyisiran akan dimulai dari titik awal jatuhnya bus itu, hingga penyisiran sungai sepanjang 5 kilometer. Pagi ini sekitar pukul 10.35 WIB tim berhasil mengevakuasi 3 orang lagi di dalam pusaran air," kata dia.

Baca Juga: Tim SAR Turun Jurang Sedalam 80 Meter Evakuasi Korban Bus Sriwijaya  

4. Bangkai Bus Sriwijaya Ekspress berhasil ditarik tim gabungan dari jurang

Evakuasi Korban, Ada 8 Anak-anak Tewas Terjebak dalam Bus Sriwijaya Proses evakuasi dari dasar jurang (IDN Times/Istimewa)

Taufan melanjutkan, Bus Sriwijaya Ekspress yang terjatuh di jurang tersebut, sudah berhasil ditarik oleh tim gabungan TNI, Polri, Basarnas, BPBD dan Masyarakat.

"Hari kedua ini Tim SAR memulai pencarian korban pada pukul 06.00 WIB dan saat ini bangkai bus Sriwijaya telah berhasil dievakuasi," tandas dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb 

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya