Ditunjuk Ketua DPRD Sumsel Definitif, Anita: Perempuan Juga Bisa!

Tinggal tunggu SK Menteri Dalam Negeri

Palembang, IDN Times - Ketua DPRD Provinsi Sumsel beserta wakil secara resmi ditunjuk menjadi pimpinan definitif untuk masa jabatan 2019-2024 mendatang. Nama-nama para pimpinan DPRD Sumsel terpilih akan diserahkan dan di sahkan oleh ke Kementerian Dalam Negeri melalui Gubernur Sumsel, Herman Deru. 

Untuk jajaran pimpinan, Ketua DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati (Partai Golkar), Wakil Ketua DPRD I HM Giri Ramanda (PDIP), Wakil Ketua II Kartika Sandra Desi (Partai Gerindra) dan Wakil Ketua III Muchendi Mahzareki (Partai Demokrat).

1. Gubernur Akan Sahkan Pimpinan Terpilih

Ditunjuk Ketua DPRD Sumsel Definitif, Anita: Perempuan Juga Bisa!IDN Times/Rangga Erfizal

Ketua DPRD Sumsel, Anita Noeringhati mengatakan, dalam agenda sidang pertama ini, selain menetapkan pimpinan anggota dewan juga dilakukan pembagian susunan fraksi untuk lima tahun ke depan. Hasil pembahasan sidang pertama ini nantinya akan diserahkan ke Gubernur Sumsel untuk disahkan.

"Gubernur akan menyampaikan draf pimpinan terpilih ke Kementerian Dalam Negeri. Semoga saja sebelum masa kepemimpinan Presiden Jokowi berakhir, kita dapat menyiapkan pelantikan ketua dan pimpinan," kata Anita, Rabu (2/10).

Dalam waktu dekat, sambung Anita, Anggota DPRD Sumsel akan mengikuti bimbingan teknis (bimtek) untuk mengawali masa kerja mereka. Kemudian dalam waktu dekat akan menyusun tata tertib (tatib) bagi anggota dewan.

"Hari kita belum ada agenda lanjutan, karena nanti di tanggal 7 sampai 10 Oktober dan 14 sampai 17 Oktober pimpinan beserta seluruh anggota DPRD akan melakukan bimtek di Jakarta," jelas dia.

2. Anita merasa bangga wanita dapat menjadi pimpinan DPRD

Ditunjuk Ketua DPRD Sumsel Definitif, Anita: Perempuan Juga Bisa!IDN Times/Rangga Erfizal

Sebagai wanita yang menjadi Ketua DPRD Sumsel, Anita menyatakan rasa bangga bisa menjadi pemimpin parlemen di Bumi Sriwijaya ini. Karena, sangat jarang terjadi baik di daerah maupun di pusat, parlemen di pimpin oleh perempuan.

"Saya sebagai yang ditunjuk jadi Ketua DPRD Sumsel tentu harus semangat, saya harus membuktikan bahwa perempuan bisa. saya bangga DPR RI juga dipimpin oleh perempuan. Kita yang ditunjuk, akan membuktikan pemimpin perempuan juga bisa," jelas dia.

Baca Juga: Usai Pelantikan, Ketua DPRD Sumsel Temui Mahasiswa yang Berunjuk Rasa

3. Sidang pertama bertepatan dengan hari batik Nasional

Ditunjuk Ketua DPRD Sumsel Definitif, Anita: Perempuan Juga Bisa!IDN Times/Rangga Erfizal

Nah, beberapa anggota dewan yang terpilih ada yang terlihat menggunakan batik, walau tidak secara keseluruhan memakai baju khas Indonesia. Menurut Anita, sidang pertama ini awalnya juga sudah diinstruksikan untuk mengenakan batik, bagi anggota dewan yang ingin memperingati Hari Batik Nasional. Penggunaan batik ke depan akan dimasukkan ke peraturan tatib agar salah satu warisan Indonesia tersebut dapat terus dilestarikan.

"Hari ini hari sudah kita sampaikan kalau bisa pakai batik. Ke depan akan kita masukan ke Tatib dan perlu pengadaan jas batik, bagi setiap anggota dewan. Untuk batik kan tidak hanya dari Jawa, Palembang juga ada jumputan, batik kita beragam ada juga NTT," jelas dia.

Baca Juga: Jabat Ketua DPRD Sumsel, Anita: Kami Siap Dukung dan Kritisi Pemprov

4. Akan ada peraturan pemakaian batik minimal dalam setahun

Ditunjuk Ketua DPRD Sumsel Definitif, Anita: Perempuan Juga Bisa!IDN Times/Rangga Erfizal

Sementara, Anggota DPRD Sumsel, Lindawati Syarofi mengatakan, sengaja memakai batik pada Sidang Paripurna hari ini untuk mewakili anggota DPRD lainnya. Politisi perempuan asal Partai Golkar itu mengajak masyarakat untuk mencintai batik sebagai warisan budaya Indonesia.

"Hari ini saya pakai batik Jogja, yang pasti harus cinta batik. Insyaallah ke depannya akan ada aturan sekali setahun pakai batik. Karena batik ini nyaman kalau dipakai," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya