Dituduh Selingkuh, Suami di Banyuasin Siksa Istri hingga Trauma

Korban bisa kabur setelah izin ke kamar mandi

Palembang, IDN Times - Aksi kekerasan dalam rumah tangga menggegerkan masyarakat Dusun III, Desa Taja Mulya, Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel). Kekerasan tersebut terjadi dilakukan sang suami SA (33) (DPO), kepada istrinya RY (44) hingga mengalami luka di sekujur tubuh.

"Kasus ini masuk dalam penganiayaan berat dengan dugaan percobaan pembunuhan. korban dituduh selingkuh oleh suami siri-nya," ujar Kasat Reskrim Polres Banyuasin, AKP Ikang Adi Putra, Sabtu (5/6/2021).

1. Dilakukan sejak malam hari hingga subuh

Dituduh Selingkuh, Suami di Banyuasin Siksa Istri hingga TraumaIlustrasi kekerasan terhadap perempuan (IDN Times/Mardya Shakti)

Ikang menambahkan, penganiayaan yang dilakukan oleh SA dilakukan sejak malam hari hingga subuh tanpa henti. Korban disundut dengan rokok, dipukul menggunakan tangan dibagian wajah hingga menyebabkan luka lebam.

Tak sampai disitu, lengan korban juga dibakar menggunakan korek, memukul lututnya dengan cobek, membakar lengan korban dengan menggunakan korek api. Melumuri tubuh korban dengan minyak, sambal dan telur, dan berbagai kekerasan sadis lainnya. 

"Pelaku juga mengikat leher korban dengan maksud membuat korban kesulitan bernapas," ungkap dia.

2. Korban dipaksa mengaku selingkuh

Dituduh Selingkuh, Suami di Banyuasin Siksa Istri hingga Traumailustrasi perempuan korban kekerasan dalam hubungan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Karena penyiksaan yang bertubi-tubi, korban akhirnya mengaku dengan maksud kekerasan tersebut dihentikan. Namun, bukan berhenti disiksa, pelaku justru semakin beringas melakukan kekerasan terhadap korban.

"Rambut korban dipotong oleh pelaku menggunakan pisau dan gunting. Penyiksaan sendiri dilakukan sampai pukul 05.00," ujar Ikang.

Baca Juga: Tetapkan Status Anak Wabup Banyuasin, Polres Banyuasin Butuh 6x24 Jam

3. Korban kabur dari rumah saat pelaku lengah

Dituduh Selingkuh, Suami di Banyuasin Siksa Istri hingga TraumaIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Penyiksaan berhenti setelah korban diberi waktu untuk ke kamar mandi karena mengaku ingin buang air kecil. Saat pelaku lengah, korban langsung melompat ke luar rumah dan berlari ke rumah kepala desa setempat untuk meminta pertolongan.

"Saat itu korban langsung dibawa ke Polres Banyuasin oleh aparatur desa untuk memberi laporan. Korban sejauh ini mengalami ketakutan dan trauma atas kejadian tersebut," ujar dia.

Saat ini Unit Perlindungan Perempuan Anak (PPA) Polres Banyuasin, tengah melakukan pendampingan terhadap korban lantaran kondisi trauma yang dideritanya.

4. Pelaku diultimatum menyerahkan diri

Dituduh Selingkuh, Suami di Banyuasin Siksa Istri hingga TraumaIlustrasi kekerasan (IDN Times/Sukma Shakti)

Menurut Ikang, sejauh ini pihaknya masih terus melakukan pengejaran terhadap pelaku SA. Pelaku langsung kabur usai mengetahui istrinya kabur menuju rumah aparatur desa. Pihaknya bahkan mengultimatum pelaku untuk menyerahkan diri. 

"Kita ultimatum pelaku untuk menyerahkan diri, sebelum tindakan tegas diambil," tutup dia. 

5. Kamu mengetahui ada kekerasan dan pelecehan kepada perempuan? Lapor!

Dituduh Selingkuh, Suami di Banyuasin Siksa Istri hingga Traumapexels.com/Engin Akyurt

Woman Crisis Center

Alamat: Jalan Mayor Salim Batubara, Sekip Pangkal, Lorong Kelapa III No 2725 RT 40, 20 Ilir D. I, Palembang, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30116. 
Telpon: 0711-321063
Handphone: +62 821-7954-4594

Komnas Perempuan

Email: petugaspengaduan@komnasperempuan.go.id

Facebook: www.facebook.com/stopktpsekarang/

Twitter: @komnasperempuan

LBH APIK

Whatsapp: 0813-8882-2669 (WA only) mulai pukul 09.00-21.00 WIB

Email: PengaduanLBHAPIK@gmail.com

Baca Juga: Peternak Sapi di Banyuasin Hilang Diseret Buaya Muara

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya