Ditanya Soal APBD Sumsel 2020, Herman Deru: Lima Charlie Lima Bravo!

Tetap akan menyatukan semua persepsi untuk membangun Sumsel

Palembang, IDN Times - "Lima charlie lima bravo. Lebih cepat lebih baik,"  ujar Gubernur Sumsel, Herman Deru, saat meninggalkan wartawan yang tengah mewawancarainya terkait masalah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sumsel 2020 yang belum juga disahkan, meski sudah masuk pertengahan Januari, Kamis (16/1). 

Walau ungkapan tersebut tidak presisi, namun Herman Deru melangkah optimistis APBD Sumsel akan menemui kata sepakat. Akibat pembahasan APBD Sumsel 2020 antara eksekutif dan legislatif deadlock, maka APBD tersebut diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

1. Herman Deru tetap berpegang pada UU 23 nomor 2014 tentang Pemerintahan Daerah

Ditanya Soal APBD Sumsel 2020, Herman Deru: Lima Charlie Lima Bravo!Gubernur Sumsel Herman Deru (IDN Times/Rangga Erfizal)

Herman Deru mengungkapkan, hingga saat ini proses APBD Sumsel 2020 masih di godok di pusat. Pihaknya juga membantah, ada kondisi kebuntuan dalam pembahasan APBD tersebut. Namun, pihaknya tetap berpegang teguh dengan UU 23 nomor 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

"Tidak ada deadlock. Regulasi APBD berbeda dengan yang lama. Pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan tetap berjalan," ungkap dia.

2. Gubernur Sumsel ingin satukan persepsi

Ditanya Soal APBD Sumsel 2020, Herman Deru: Lima Charlie Lima Bravo!Suasana sidang hanya dihadiri oleh 35 anggota DPRD (IDN Times/Rangga Erfizal)

Mantan Bupati OKU Timur dua periode itu melanjutkan, bahwa pihaknya yakin apa pun hasil keputusan nanti, bisa menyatukan persepsi yang sama untuk pembangunan Sumsel. Meski demikian, Pemprov Sumsel terus melakukan komunikasi dengan pimpinan DPRD Sumsel membahas masalah APBD ini.

"Kalau hanya miss persepsi bisa diluruskan. Aku yakin dewan akan mengesahkan program-program yang sudah ditandatangani," ujar dia.

Baca Juga: Tanggapi Raperda APBD 2020, Ini Catatan dari Fraksi DPRD Sumsel  

3. Ketua DPRD Sumsel sebut APBD akan disahkan sesuai KUA PPAS dalam waktu dekat

Ditanya Soal APBD Sumsel 2020, Herman Deru: Lima Charlie Lima Bravo!Ketua DPRD Sumsel, RA Anita Noeringhati (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sementara, Ketua DPRD Sumsel, Anita Noeringhati menyatakan, proses pembahasan ABPD akan segera disahkan dalam waktu dekat. Untuk semua kegaduhan yang terjadi akan mendapatkan titik temu. 

Proses pengesahan APBD ini sama dengan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) yang waktu itu sudah ditandatangani.

"Insya Allah segera kita sah kan. Jumlahnya harus sama dengan KUA PPAS," tandas dia.

KUA PPAS yang telah ditandatangani pada tanggal 13 Desember 2019 lalu, naik dari APBD sebelumnya sekitar 1,06 persen atau sekitar Rp10.648.152.635.823.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya