Dinkes Sumsel Tidak Isolasi Mahasiswa dari Tiongkok, Ini Alasannya 

Bukan dari Kota Wuhan, tempat wabah virus corona berkembang

Palembang, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel, Lesty Nurainy menyatakan, dari 12 mahasiswa asal Sumsel dari Tiongkok masih ada tiga mahasiswa yang masih didata.

Karena mahasiswa yang tiba di Palembang itu terpisah, ada yang lewat kedatangan internasional, maupun domestik. Atas dasar itulah, mereka masih menunggu data dari Imigrasi untuk menindaklanjuti pemeriksaan.

"Sembilan orang terdata di kedatangan domestik. Tiga orang dari Internasional. Untuk yang terdata dua dari Muaraenim, dua Prabumulih, satu OKI, dan Empat Palembang," ujar dia, Senin (3/4).

1. Mahasiswa Tiongkok asal Sumsel bukan dari Kota Wuhan tempat wabah virus corona

Dinkes Sumsel Tidak Isolasi Mahasiswa dari Tiongkok, Ini Alasannya Kepala dinas kesehatan sumsel, Lesti (IDN Times/Rangga Erfizal)

Lesty mengungkapkan, alasan pihaknya tidak mengisolasi mahasiswa Indonesia tersebut, lantaran mereka bukan dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, tempat wabah Corona berkembang. Namun, pemeriksaan semua mahasiswa tetap dilakukanhingga masa inkubasi berakhir.

"Setelah menjalani prosedur, tidak ada tanda-tanda kesehatan mereka terganggu. Tapi, Mereka tetap kita pantau selama 14 hari. Sampai sekarang mereka aman," ungkap dia.

2. Dinkes Sumsel belum bisa pastikan apakah ada warga Sumsel yang di isolasi di Natuna

Dinkes Sumsel Tidak Isolasi Mahasiswa dari Tiongkok, Ini Alasannya Ilustrasi pemantauan uji klinis di RSMH Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Lesty menerangkan, pihaknya belum mengetahui apakah ada warga Sumsel yang akan di isolasi di Natuna. Karena mereka belum mendapatkan data mengenai warga Sumsel di sana.

"Namun kami tetap berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan RI. Ada empat rumah sakit rekomendasi dari Kemenkes RI di Sumsel untuk menampung warga yang terjangkit virus corona. RS Siti Aisyah Lubuklinggau, RSUD Lahat, RSUD Kayuagung dan pusat di RSMH. Di sana ada tempat isolasinya. Di bandara juga kita siapkan, bahkan KKP ada ambulans yang khusus untuk isolasi," terang dia.

Baca Juga: Derita Mahasiswa Tiongkok Asal Sumsel, Dicurigai Warga Pembawa Virus 

3. Masyarakat diminta untuk hidup sehat dan jaga kesehatan sesuai imbauan Kemenkes

Dinkes Sumsel Tidak Isolasi Mahasiswa dari Tiongkok, Ini Alasannya Ruang isolasi di RSMH Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Terlepas dari mahasiswa Tiongkok yang baru kembali ke Sumsel tersebut, Lesty mengimbau, untuk mencegah sebaran virus masyarakat Sumsel harus menjaga kesehatan. Jika sudah merasakan tanda-tanda sakit seperti demam, batuk dan sesak napas, segera periksa kesehatan ke fasilitas kesehatan sesuai imbauan kemenkes RI.

"Jaga kesehatan, makan dengan gizi seimbang, air putih, istirahat cukup. Karena kondisi sakit akan mudah tertular penyakit. Kalau di layanan umum pakai masker, mencuci tangan pakai sabun," tandas dia.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya