Desember, Musi VI Uji Beban dengan Truk Bermuatan Besar

Desember diperkirakan sudah bisa dilalui kendaraan

Palembang, IDN Times - Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBM-TR) Sumatra Selatan, terus mengupayakan percepatan pembangunan jembatan Musi VI yang sempat mangkrak. Pihaknya bahkan akan segera melakukan uji beban jembatan untuk memastikan jembatan siap dilalui kendaraan pada bulan Desember mendatang.

"Rencana kita, nanti saat bulan Desember jembatan sudah dilakukan uji beban, dengan menggunakan truk bertonase besar yang dijajarkan di tengah jembatan," ungkap Kabid Jembatan, Affandi, Selasa (27/10/2020).

Baca Juga: Muba Punya Pabrik Aspal Karet, Jalanan Sumsel Bakal Lebih Awet 

1. Secara fisik keseluruhan jembatan sudah selesai 92 persen

Desember, Musi VI Uji Beban dengan Truk Bermuatan BesarPembangunan jembatan Musi VI Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Saat ini jembatan Musi VI tahap III secara persentase mencapai 48,4 persen. Sedangkan untuk pekerjaan di sisi Seberang Ulu, di mana pihaknya sudah melakukan pemancangan tiang jembatan untuk mengerjakan struktur atas jembatan. Untuk di sisi Ilir, pemancangan tiang pancang juga sudah selesai dikerjakan.

"Progres fisik sudah mencapai 92 persen. Sisanya lagi tinggal pengecoran lantai jembatan," jelas dia.

2. Diperkirakan 28 Desember nanti jembatan bisa dilalui

Desember, Musi VI Uji Beban dengan Truk Bermuatan BesarJembatan Musi VI (IDN Times/Rangga Erfizal)

Affandi menilai, secara teknis nantinya pada tanggal 28 Desember 2020 pihaknya optimis seluruh bagian jembatan dapat difungsikan sesuai target. Sedangkan untuk proses penyelesaian akhir seperti pembuatan pagar, tembok penahan dan beberapa bagian masih perlu waktu penyelesaiannya.

"Tapi saat ini, kami terus meminta kontraktor untuk mengebut pekerjaan agar bisa selesai tepat waktunya," jelas dia.

3. Musi VI bisa pecah kemacetan dj Kota Palembang

Desember, Musi VI Uji Beban dengan Truk Bermuatan BesarJembatan Musi VI (IDN Times/Rangga Erfizal)

Jembatan yang membentang di wilayah Ulu dan Ilir Palembang sepanjang 925 meter diyakini dapat memecah kemacetan yang terfokus di tiga jembatan, Musi II, Musi IV, dan Ampera.

"Kalau sudah beroperasi tentunya jadi alternatif bagi masyarakat yang ingin menyeberang baik dari Seberang Ulu maupun Ilir serta memecah kemacetan di ruas jembatan Ampera," tutup dia.

Baca Juga: Selain Jembatan Ampera, Ini 5 Tempat Wisata Asyik di Palembang

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya