Dampak Banjir, Penerbangan dari Palembang ke Halim Dialihkan ke Soeta

Pengalihan rute akan kembali normal saat genangan air surut

Palembang, IDN Times - Dua penerbangan dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang menuju Halim Perdana Kusuma, terpaksa dibatalkan oleh pihak maskapai.

Hal tersebut terjadi lantaran lintasan pacu di bandara Halim Perdana Kusuma tergenang air, akibat banjir yang terjadi di Kota Jakarta. 

"Penerbangan pagi ini ada maskapai yang tidak jadi landing di Halim Perdana Kusuma. Terpaksa kita lakukan perubahan pendaratan ke Bandara Soekarno Hatta (Soeta)," ungkap Executive General Manager PT Angkasa Pura II Palembang, Haerul Asidiki, Rabu (1/1).

1. Dua penerbangan dari Palembang dialihkan ke Bandara Soeta

Dampak Banjir, Penerbangan dari Palembang ke Halim Dialihkan ke SoetaPenerbangan ke Halim Perdanakusuma terpaksa dialihkan dampak banjir Jakarta (IDN Times/Rangga Erfizal)

Haerul mengungkapkan, tindakan pengalihan rute pendaratan terhadap penerbangan pagi City Link dan Batik Air itu, tak lain demi keselamatan para penumpang.

"Hanya ada dua penerbangan dari Palembang menuju Halim. tentu pengalihan ini demi keselamatan penumpang," ungkap dia.

2. Pengalihan dilakukan sesuai SOP lantaran faktor alam

Dampak Banjir, Penerbangan dari Palembang ke Halim Dialihkan ke SoetaBanjir di landasan Halim Perdana Kusumah/Twitter BNPB

Haerul menjelaskan, langkah pengalihan itu bisa dilakukan bila terjadi kondisi darurat. Atas dasar itulah, manajemen PT Angkasa Pura II melakukan tindakan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.

"Pengalihan ini karena faktor alam yang di luar batas kemampuan kita. Jadi terpaksa kita alihkan. Para penumpang juga dapat memaklumi tidak ada protes berlebihan," jelas dia.

Baca Juga: Sebenarnya Jakarta Bisa Contoh Bangkok, agar terbebas dari Banjir 

3. Halim ditutup sampai kondisi landasan pacu surut

Dampak Banjir, Penerbangan dari Palembang ke Halim Dialihkan ke SoetaLandasan Halim Perdana Kusumah tergenang banjir/Twitter BNPB

Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta hari ini ditutup sementara hingga genangan di landasan pacu dapat diatasi. Genangan yang merendam diketahui terjadi sejak Selasa (31/12) malam di sejumlah wilayah di Jabodetabek.

"Yang mau landing dan take off via Halim Perdana Kusuma pagi ini mohon ditunda karena landasan banjir," ujar Komisaris Garuda Indonesia, Herbert Timbo P Siahaan.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya