Cegah Wabah Virus Corona, Ini Instruksi Pangdam II dan Kapolda Sumsel

Polisi kekurangan APD untuk bantu penyemprotan disinfektan

Palembang, IDN Times -Jajaran TNI dan Polri mengambil tindakan bekerja setelah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) menetapkan status waspada wabah Corona (Covid-19) di Sumsel. 

"Saya sudah perintahkan prajurit untuk memantau wilayah pintu masuk yang tidak resmi. Anggota TNI mem-back up petugas medis yang akan memeriksa kesehatan," kata Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Irwan, Selasa (17/3).

1. Pangdam II Sriwijaya sebut rumah sakit milik TNI dijadikan second line

Cegah Wabah Virus Corona, Ini Instruksi Pangdam II dan Kapolda SumselGubernur Sumsel, Herman Deru (IDN Times/Rangga Erfizal)

Irwan mengungkapkan, pihaknya mendorong rumah sakit milik TNI di Sumsel agar membantu proses penanganan suspect corona seandainya diperlukan. Karena semua rumah sakit TNI akan di jadikan second line di luar lima rumah sakit rujukan yang ditetapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

"Bila perlu kita bikin tenda isolasi sebagai tempat sementara, selain rumah sakit milik TNI yang dijadikan second line," ungkap dia.

2. Kapolda instruksikan reskrim pantau hoaks

Cegah Wabah Virus Corona, Ini Instruksi Pangdam II dan Kapolda SumselKapolda Sumsel, Irjen Pol Priyo (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sementara, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Priyo Widyanto menerangkan, pihaknya terus menggiatkan patroli dunia maya, guna mencegah kesimpangsiuran informasi di masyarakat.

Karena, bisa jadi ada oknum tidak bertanggung jawab memanfaatkan kekacauan informasi. Jajaran reskrim segera menindak dan humas kepolisian diminta aktif.

"Kita selalu patroli di dunia maya atau yang kita sebut cyber patrol untuk memantau apakah di wilayah Sumsel ada yang melakukan penyebaran berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Jajaran reskrim akan menindak," terang dia.

Baca Juga: Gubernur Herman Deru Tetapkan Status Sumsel Menjadi Waspada Corona

3. Polda kekurangan APD untuk bantu penyemprotan disinfektan

Cegah Wabah Virus Corona, Ini Instruksi Pangdam II dan Kapolda SumselAparat keamanan (IDN Times/Rangga Erfizal)

Untuk membantu pencegahan virus corona, Priyo melanjutkan, pihaknya mengirimkan 100 personel untuk menyemprotkan disinfektan pada fasilitas publik dan perkantoran. Hanya saja, dari 100 personel baru 10 yang memiliki alat pelindung diri (APD).

"Kami berusaha menghubungi produsen baju di Jawa Tengah untuk membuat baju khusus ini dan telah dipesan. Tim khusus ini kalau ada yang perlu bantuan untuk penyemprotan disinfektan akan siap membantu," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya