Buru Keberadaan Harun Masiku, Polda Sumsel Jalani Instruksi Kapolri

Personel dikerahkan hingga ke tingkat Polsek

Palembang, IDN Times - Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sumsel, Brigjen Pol Rudi Setiawan menyatakan, pihaknya langsung bergerak mencari politikus Harun Masiku yang menjadi buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sesuai instruksi Kapolri, Jenderal Polisi Idham Azis. 

"Polisi bertugas melindungi dan melayani serta melakukan penegakan hukum. Semua penegak hukum harus kita layani. Tidak terkecuali Harun Masiku," ujar Wakapolda Sumsel, saat ditemui di Hotel Aston Palembang, Kamis (6/1).

1. Polda Sumsel langsung tindaklanjuti instruksi dari Kapolri untuk buru keberadaan Harun Masiku

Buru Keberadaan Harun Masiku, Polda Sumsel Jalani Instruksi KapolriWakapolda Sumsel, Brigjen Pol Rudi Setiawan mendampingi Gubernur Sumsel, Herman Deru (IDN Times/Rangga Erfizal)

Rudi mengungkapkan, kasus yang menjerat politikus PDIP itu bersifat hukum, sehingga bisa di tindaklanjuti oleh petugas kepolisian dan berjanji akan meminta anggotanya untuk melakukan penyisiran.

"Terkait tindak pidana pasti akan kita proses. Kita akan tetap cari Harun Masiku," ungkap dia.

2. Polda Sumsel tunggu data dari KPK

Buru Keberadaan Harun Masiku, Polda Sumsel Jalani Instruksi KapolriKabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sementara, Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi menuturkan, hingga saat ini KPK dan Polri belum mengetahui persembunyian Harun Masiku.

"Pencarian akan dilakukan setelah kita menerima data dari KPK, terkait Harun Masiku. Kita akan bergerak dan berupaya mencari DPO, walaupun dia bukan orang Palembang dan hanya mengambil daerah pemilihan (dapil) di sini," tutur dia.

Baca Juga: Buru Harun Masiku, Kapolri Kerahkan Seluruh Polda dan Polres 

3. Polda Sumsel libatkan jajaran kepolisian sampai ke daerah terpencil di wilayah hukum polsek

Buru Keberadaan Harun Masiku, Polda Sumsel Jalani Instruksi KapolriKabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi (IDN Times/Rangga Erfizal)

Saat ditanya apakah Polda Sumsel akan membuat tim khusus pencarian, Supriadi mengatakan, cukup menambah personel yang ada, serta melibatkan jajaran kepolisian sampai ke daerah terpencil di wilayah hukum polsek.

"Kita akan membantu pencarian DPO. Semua kita libatkan termasuk di Polres sampai tingkat Polsek. Kan yang punya lebih kekuatan ada di tingkat bawah," tandas dia.

Harun Masiku sendiri pada Pemilihan Legislatif (Pileg) April 2019 lalu, terdaftar sebagai caleg DPR RI dari PDIP nomor urut 6, dapil Sumsel 1, Palembang, Musi Banyuasin (Muba), Banyuasin, Musi Rawas (Mura), Musi Rawas Utara (Muratara), dan Lubuklinggau.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya