Bupati Muba dan Wakil Terjun Langsung Tangani Karhutla di Muara Medak

Tim fokus pemadaman dan evakuasi warga

Sekayu, IDN Times - Bupati dan Wakil Bupati Musi Banyuasin (Muba), Dodi Reza Alex - Beni Hernedi langsung meninjau kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di desa Muara Medak, Kecamatan Bayung Lencir, Sumsel.

Dodi dan Beni memfokuskan penanganan ke desa terdekat terdampak karhutla, yakni Dusun V dan Dusun IX Muara Dedak dengan menurunkan dua tim.

"kita semua turun menangani karhutla dan kita membagi 2 Tim ke lokasi kebakaran," ujar Dodi, Senin (19/8).

1. Tim OPD ikut membantu penanganan pemadaman darat

Bupati Muba dan Wakil Terjun Langsung Tangani Karhutla di Muara MedakIDN/Istimewa

Dua tim tersebut dibagi ke dusun V dan dan dusun IX. Setiap tim merupakan gabungan dari Dinas Perkebunan, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Sosial dan Dinas Lingkungan Hidup.

"Semua tim terjun langsung untuk ikut memadamkan dan menyelamatkan masyarakat setempat. Penurunan anggota ini untuk menambah pasukan pemadaman darat," jelas dia.

Selain tim OPD, Dodi meminta bantuan kepada tim SKK Migas yang berada di sekitar lokasi untuk membantu pemadaman api agar tidak semakin meluas.

2. Pemkab Muba gelar Salat Istisqo dan doa bersama untuk keselamatan pemadaman

Bupati Muba dan Wakil Terjun Langsung Tangani Karhutla di Muara MedakIDN/Istimewa

Sebelum penerjunan tim OPD, pihak Pemda Muba bersama-sama melaksanakan salat Istisqa, untuk meminta perlindungan dan dimudahkan dalam penanganan kebakaran hutan di wilayah Muba.

"Salat Istisqa juga dilakukan secara serentak baik di halaman kantor pemda, di kecamatan dan desa serta, ponpes-ponpes yang berada dalam wilayah Kecamatan Musi Banyuasin," jelas dia.

3. Pemadaman karhutla Muara Medak dilakukan Provinsi Jambi dan Sumsel

Bupati Muba dan Wakil Terjun Langsung Tangani Karhutla di Muara MedakIDN/Istimewa

Sementara, Beni Hernedi melanjutkan, penanganan karhutla di wilayah Muba melibatkan tim dari Provinsi Jambi dan Sumsel, lantaran wilayah terdampak karhutla berdekatan dengan Provinsi Jambi. Pemkab Muba juga sudah menandatangani kesepakatan penanganan karhutla.

"Karena lokasi kebakaran berbatasan dengan Jambi dan kita ada MoU untuk penanganannya. Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jambi juga telah mengatakan siap bantu dan dalam dua hari ini akan ada penambahan helikopter untuk melakukan water boombing," jelas dia.

Baca Juga: Karhutla di Muara Medak capai 600 Hektare, Pemkab Muba Ungsikan Warga

4. Dirikan tenda pengungsian dan salurkan bantuan

Bupati Muba dan Wakil Terjun Langsung Tangani Karhutla di Muara MedakIDN/Istimewa

Sekda Muba, Apriyadi menambahkan, saat ini Pemkab Muba juga telah menurunkan tim untuk melakukan evakuasi warga dan meminta kepada dinas terkait untuk cepat tanggap menangani Karhutla.

"Saya sudah instruksikan Camat Bayung Lencir untuk segera mengevakuasi warga ke tempat yang aman. Dan meminta Dinas Sosial untuk segera membangun tenda pengungsian dan dapur umum," tandas Apriyadi.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya