Buka 3 Hari, Siswa SD dan SMP di Muba Kembali Bersekolah

Sekolah wajib patuhi protokol kesehatan

Musi Banyuasin, IDN Times - Musi Banyuasin (Muba) resmi membuka tahun ajaran baru 2020/2021, bagi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah tersebut. Pembukaan dilakukan selama tiga hari, yakni 13 Juli hingga 15 Juli, sebagai program masa pengenalan tahun ajaran baru.

"Sesuai wewenang kami, Pemerintah Kabupaten telah mengatur siswa SD dan SMP untuk kembali masuk sekolah. Tentu aturan protokol kesehatan diberlakukan agar tetap aman bersekolah," ungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Iinformatika (DisKominfo) Muba, Herryandin Sinulingga AP, Senin (13/7/2020).

1. Sekolah siapkan protokol kesehatan bagi siswa

Buka 3 Hari, Siswa SD dan SMP di Muba Kembali BersekolahPembukaan tahun ajaran Baru di Muba (IDN Times/Kominfo Muba)

Salah satu sekolah yang telah membuka tahun ajaran baru adalah SD Negeri 3 Sekayu. Sejumlah guru melakukan persiapan sejak pukul 06.00 WIB sebelum menerima kedatangan para siswa.

Berbagai alat protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan, alat pengukur suhu tubuh disiapkan sekolah. Para siswa juga wajib menggunakan masker. Orangtua siswa pun begitu, hanya dibatasi mengantar anaknya sampai ke gerbang sekolah.

"Sesuai arahan dari Dinas Pendidikan Muba, kami menyiapkan semua kelengkapan sesuai protokol kesehatan. Selain itu, wali dari siswa hanya mengantar di depan pagar sekolah," ungkap Kepala SD Negeri 3 Sekayu, Aminah.

Baca Juga: Sekolah di Palembang Ini Gunakan Drive Thru untuk Siswa Baru

2. Siswa sekolah akan dibagi waktu belajar

Buka 3 Hari, Siswa SD dan SMP di Muba Kembali BersekolahPembukaan sekolah di Muba (IDN Times/Kominfo Muba)

Pihak sekolah juga mengatur waktu belajar dengan sistem absensi dan jam belajar. Tujuannya, mengurangi kepadatan jumlah atau menerapkan jarak antar orang dalam belajar.

"Selama tiga hari ke depan, selain menyiapkan perlengkapan protokol kesehatan kami membagi siswa dalam belajar, sehingga tidak berdesak-desakan dalam belajar di kelas," jelas dia.

3. Pembukaan sekolah tiga hari untuk sosialisasi sekolah

Buka 3 Hari, Siswa SD dan SMP di Muba Kembali BersekolahPemeriksaan siswa sekolah (IDN Times/Kominfo Muba)

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Muba, H Musni Wijaya mengungkapkan, keputusan membuka sekolah di awal tahun ajaran baru sebagai masa pengenalan sekolah. Setelahnya, para siswa kembali melanjutkan belajar di rumah.

"Tujuannya untuk perkenalan terhadap sekolah dan sosialiasi terhadap peserta didik, sehingga siswa baru mengenal lingkungan sekolah. Setelah tiga hari belajar, siswa akan kembali belajar di rumah," jelas dia.

Baca Juga: Tahun Ajaran Baru, Beberapa Sekolah di Palembang Izinkan Siswa Datang

4. Guru tetap masuk selama siswa belajar di rumah

Buka 3 Hari, Siswa SD dan SMP di Muba Kembali BersekolahTahun ajaran baru di Musi Banyuasin (IDN Times/Kominfo Muba)

Sedangkan bagi para guru, Muba mengatur tetap masuk selama siswa belajar di rumah. Pihaknya, akan melakukan monitoring yang dilakukan oleh tim pemantau dan korwil serta dari Dinas.

“Kita akan pantau dari sana, kita bisa melihat kinerja guru-guru. Sedangkan untuk pengumuman masuk sekolah baru dilakukan semi online dan ada juga offline, melihat efesiensi pada saat pandemik COVID-19 ini," tandas dia.

Baca Juga: Muba Anggarkan Rp500 Miliar untuk Pencegahan dan Dampak COVID-19

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya