Comscore Tracker

[BREAKING] Polisi Merazia Massa Unjuk Rasa di Pintu Masuk Palembang

Polisi petakan tiga ring pengamanan demo UU Cipta Kerja

Palembang, IDN Times - Polisi gabungan dari Polrestabes Palembang dan Polres Banyuasin melakukan razia untuk mencegat massa mahasiswa masuk ke Palembang.

Pemeriksaan ketat dilakukan di pintu masuk Palembang yang berada di kawasan Jakabaring Palembang dan KM 12, Banyuasin.

Dari pantauan IDN Times, sejak pukul 08.00 WIB aparat kepolisian dengan atribut lengkap melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang akan masuk di Simpang Tiga Jakabaring, baik pengendara roda dua maupun empat. Bahkan bus tak luput dari pemeriksaa petugas.

"Kita lakukan pengamanan dalam aksi unjuk rasa hari ini. Mereka yang akan masuk Palembang harus melewato pemeriksaan," ujar Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi, kepada IDN Times, Senin (12/10/2020).

1. Polisi antisipasi massa susupan

[BREAKING] Polisi Merazia Massa Unjuk Rasa di Pintu Masuk PalembangPolisi berhentikan mobil yang akan masuk ke Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Supriadi menilai, langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi bentrok yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu saat massa memasuki wilayah Kota Palembang. Pihaknya tak menginginkan massa susupan dari daerah yang memicu kericuhan.

"Kita menghindari adanya penyusup dalam giat unjuk rasa. Maka pintu masuk Palembang mulai dari Jakabaring, KM 12 hingga Musi 2, dijaga ketat," jelas dia.

Baca Juga: Oknum Pedemo Tolak UU Cipta Kerja di Palembang Bawa Molotov dan Sajam

2. Polisi beralasan cari molotov dan sajam

[BREAKING] Polisi Merazia Massa Unjuk Rasa di Pintu Masuk PalembangPemeriksaan orang yang akan ke Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Mereka yang dirazia hari ini kebanyakan warga yang ingin ke Palembang untuk bekerja dan berdagang. Mereka tidak luput dari pemeriksaan kepolisian. Mobil bus atau travel pun disisir oleh polisi. Mereka berakasan mencari senjata tajam maupun molotov.

Beberapa pria bahkan diperiksa secara ketat. Mereka yang dirazia pun ditanya keperluannya ke Palembang.

"Supaya unjuk rasa yang dilaksanakan hari ini berjalan damai dan aspirasi tersalurkan," jelas dia.

3. Polisi blokade jalan menuju DPRD Sumsel

[BREAKING] Polisi Merazia Massa Unjuk Rasa di Pintu Masuk PalembangPolisi sudah tutup jalan menuju kantor DPRD Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sejauh ini, belum ada penangkapan terhadap mahasiswa yang akan berdemo. Polisi masih membagi tiga lokasi pengamanan yakni ring 3 pintu masuk kota Palembang, lalu ring 2 wilayah penghubung ke Kantor DPRD Sumsel dan ring 1 di Kantor DPRD Sumsel.

Pihak kepolisian bahkan telah menutup wilayah ring 2 menuju ring 1, sehingga lalu lintas menuju ke DPRD Sumsel tertutup. Aparat kepolisian juga telah berjaga-jaga mengantisipasi demo hari ini.

Baca Juga: Sepakat Setop Demo, Mahasiswa Dijanjikan Protes UU ke Jakarta 

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya