[BREAKING] Ma'ruf Amin Diadang Mahasiswa Demo Kenaikan Harga BBM di Palembang

Mobil RI 2 Ma'ruf Amin diadang saat hendak ke bandara

Palembang, IDN Times - Mobil dinas Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin diadang oleh massa demonstran saat kunjungan kerja di Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel), Selasa (7/9/2022).

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Cipayung Plus, mengejar mobil dan menghentikan rombongan Wapres RI. Kejar-kejaran antara mahasiswa, polisi, dan TNI, sempat terjadi tak kala mahasiswa berusaha menghalang mobil dinas RI 2 tersebut.

"Masyarakat marah dengan kenaikan harga BBM ini," ungkap Korlap Cipayung Plus Palembang, Amir Iskandar, Rabu (7/9/2022).

Baca Juga: Polisi Tangkap 8 Orang Buntut Penghadangan Rombongan Wapres

1. Rombongan Ma'ruf Amin diadang saat ke bandara

[BREAKING] Ma'ruf Amin Diadang Mahasiswa Demo Kenaikan Harga BBM di PalembangRombongan Ma'ruf Amin dihentikan mahasiswa di simpang Empat Charitas Palembang (Dok: ist)

Massa yang berdemonstrasi berhasil menembus halauan aparat Polisi dan TNI. Mereka berusaha mengejar mobil Ma'ruf Amin. Seorang mahasiswa bahkan sempat mengadang di depan mobil Wapres. Namun ia segera menghindar setelah melihat polisi berusaha menangkapnya.

Tak berselang lama, massa ditekan mundur oleh anggota polisi dan TNI. Sedangkan rombongan Ma'ruf Amin bergegas menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang untuk kembali ke Jakarta.

Baca Juga: Wapres Minta Kasus Kekerasan Tak Dijadikan Bahan Menjelekkan Ponpes

2. Pemerintah dinilai menyusahkan masyarakat

[BREAKING] Ma'ruf Amin Diadang Mahasiswa Demo Kenaikan Harga BBM di PalembangDemonstrasi kenaikan harga BBM di Palembang (Dok: ist)

Usai kejar-kejaran, massa kembali ke Simpang 4 Charitas. Mereka membentuk lingkaran dan kembali berdemonstrasi menuntut kenaikan harga BBM. Menurut Amir, seharusnya BBM subsidi tidak naik, karena pemerintah bisa menggunakan APBN sebagai subsidi.

"Seharusnya ada antisipasi pemerintah dengan dana APBN. Jangan BBM yang dinaikkan," jelas dia.

Usai mengadang rombongan Wapres, mahasiswa yang kembali ke Simpang 4 Charitas mulai membakar ban. Kericuhan pun tak terelakkan.

3. Ma'ruf sebut kenaikan harga BBM untuk penyesuaian harga

[BREAKING] Ma'ruf Amin Diadang Mahasiswa Demo Kenaikan Harga BBM di PalembangDemonstrasi kenaikan harga BBM di Palembang (Dok: ist)

Sebelumnya Ma'ruf Amin saat kunjungan kerja di Palembang menyatakan kenaikan harga BBM merupakan keputusan pemerintah untuk mengatasi kenaikan harga minyak global. Subsidi BBM yang diberikan pemerintah sudah bocor hingga dinikmati oleh orang kaya.

"Sebenarnya bukan kenaikan (harga), tapi penyesuaian dan normalisasi harga pada harga keekonomian," ungkap Ma'ruf Amin.

Baca Juga: Ini Syarat Penerima BLT BBM yang Dicairkan Kantor Pos

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya