Bertambah 17 Orang, Kasus Positif Sumsel Capai 458 Pasien

30 persen kasus positif didominasi pekerja medis

Palembang, IDN Times - Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 Sumatra Sleatan (Sumsel)  mengonfirmasi penambahan kasus terbaru pasien positif di Sumsel sebanyak 17 orang.

Pasien-pasien baru ini berasal dari dua kota, Palembang dan Lubuk Linggau, serta satu kabupaten, yakni Banyuasin. Penambahan tersebut membuat jumlah pasien positif COVID-19 di Sumsel naik menjadi 458 orang.

"Untuk Palembang ada 10 orang, Lubuk Linggau 6 orang, dan Banyuasin 1 orang. Kasus terbaru ini semuanya didominasi sebaran transmisi lokal," ujar Jubir gugus tugas Sumsel, Yusri, Jumat (15/5).

1. Kasus klaster positif di Sumsel terjadi pada tenaga medis

Bertambah 17 Orang, Kasus Positif Sumsel Capai 458 PasienKepala Seksi Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan Sumsel, Yusri (IDN Times/Rangga Erfizal)

Saat ini sebaran kasus COVID-19 di Sumsel, terjadi dalam dua klaster yakni, keluarga dari pasien positif dan tenaga medis. Pihaknya melakukan tracing kasus guna mencari tahu sebaran orang terjangkit di wilayah Sumsel.

Kondisi tenaga medis dilaporkan dalam keadaan sehat, dan mereka diminta untuk diisolasi hingga pulih kembali.

"Dengan adanya kasus positif pada tenaga medis kita imbau masyarakat untuk tidak takut berobat ke rumah sakit karena, yang terjangkit sudah kita non-aktifkan. Jangan sampai ada masyarakat sakit tetapi takut berobat," jelas dia.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Gubernur Sumsel Minta Warganya Ibadah di Rumah Saja

2. 30 persen tenaga medis terpapar dari rumah sakit rujukan

Bertambah 17 Orang, Kasus Positif Sumsel Capai 458 PasienJubir gugus tugas Covid-19 Sumsel, Profesor Yuwono (IDN Times/Istimewa)

Sementara itu, Jubir gugus tugas lainnya, Profesor Yuwono mengatakan, secara persentase 30 persen kasus positif didominasi pekerja medis. Dirinya membenarkan jika pekerja medis rentan tertular dari pasien yang dirawat di rumah sakit rujukan.

"Keseluruhan hampir 30 persen yang berasal dari tenaga medis. Mereka biasanya terpapar dari rumah sakit rujukan COVID-19, dan hampir merata tersebar," tegas dia.

3. Tenaga medis butuh tambahan APD untuk melindungi diri

Bertambah 17 Orang, Kasus Positif Sumsel Capai 458 PasienRuang periksa pasien terduga COVID-19 di RSMH Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Tenaga medis ini tidak mengalami gejala yang artinya masuk kategori orang tanpa gejala (OTG). Rata-rata pasien OTG ini tidak memiliki keluhan sehingga mereka kita imbau untuk melakukan isolasi mandiri. Yuwono mengatakan, untuk mencegah sebaran kasus positif semakin meluas terhadap tenaga medis, dibutuhkan tambahan alat pelindung diri (APD) 

"Kita harapkan penularan tidak bertambah banyak, terutama di dunia medis agar pelayanan kesehatan tetapi berjalan optimal," tegas dia.

4. Jumlah ODP dan PDP hingga hari ini

Bertambah 17 Orang, Kasus Positif Sumsel Capai 458 PasienKampung siaga corona di perumahan di Depok (IDN Times/Rohman Wibowo)

Perkembangan kasus, orang dalam pemantauan (ODP) di Sumsel, kini mencapai 5.134 orang. Selesai pemantauan sebanyak 3.895 orang dan masih dalam pemantauan 1.354 orang.

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) secara keseluruhan mencapai 341 orang. Di mana, selesai pemantauan sebanyak 170 orang dan masih dalam pemantauan 171 orang.

Sedangkan untuk sampel yang sedang dalam pemeriksaan di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Kota Palembang berjumlah 2224 orang dengan rincian 1.722 Orang Tanpa Gejala (OTG), 418 PDP, dan 84 ODP.

Baca Juga: Viral Daftar 49 Tenaga Medis RS Palembang Positif COVID-19

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya