Berkedok Bengkel Motor, Warga OKU Timur Rakit Senjata Api

Satu pistol jenis revolver dijual seharga Rp2 juta

OKU Timur, IDN Times - Peredaran senjata api rakitan (senpira) kian marak di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan (Sumsel). Kondisi ini terjadi lantaran banyaknya permintaan senjata bagi home industri senpira.

Baru-baru ini, Tim Reskrim Polres OKU Timur mengamankan tersangka pembuat senpi sekaligus pemilik bengkel bernama Markuat (49).

"Dari hasil pengembangan diketahui tersangka membuat senpira berkedok bengkel motor," ungkap Kasat Reskrim Polres OKU Timur, AKP I Putu Suryawan, Rabu (2/6/2021).

1. Banyak warga resah dengan peredaran senpira

Berkedok Bengkel Motor, Warga OKU Timur Rakit Senjata ApiSenjata api rakitan yang dibuat di OKUT (IDN Times/istimewa)

Menurut Suryawan, pihaknya pertama kali mendapat informasi dari masyarakat mengenai kedok bengkel yang memproduksi senpira. Setelah mendapat informasi, pihaknya melakukan pemantauan ke lokasi di Desa Pahang Asri, Kecamatan Buay Pemuka Peliung, Kabupaten OKU Timur.

"Dari hasil penelusuran diketahui tersangka Markuat sebagai otak sekaligus pemilik tempat produksi senpira," ujar dia.

2. Warga pembeli revolver ikut ditangkap

Berkedok Bengkel Motor, Warga OKU Timur Rakit Senjata ApiAlat pembuat senpira (IDN Times/istimewa)

Tak sampai di situ, senpira buatan Markuat juga dijual ke masyarakat. Para pembeli merupakan petani bernama Mulyadi (49) dan Didik Santoso (37). Dari tangan mereka diketahui ada senpira yang dibeli dari home industri buatan Markuat.

"Sejauh ini ketiganya ditahan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Ada tiga revolver yang telah diamankan. Selebihnya alat pembuat senjata," ujar dia.

3. Masih ada tersangka yang buron

Berkedok Bengkel Motor, Warga OKU Timur Rakit Senjata ApiIlustrasi mencari buronan (www.freepik.com)

Dari senjata yang berhasil diamankan itu, Markuat merupakan spesialis pembuat senpira berjenis revolver. Untuk satu jenis senpira revolver dijual seharga Rp2 juta. Pelanggan senpira ini disinyalir hingga ke luar daerah.

"Kita masih melakukan pemburuan bahkan masih ada tersangka yang buron. Dari tangan para tersangka berhasil diamankan senpira jenis Revolver berikut lima butir amunisi kaliber 9mm," tutup dia.

Baca Juga: Perempuan Paru Baya Ditemukan Tewas di TPU Soak Simpur Palembang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya