Bea Cukai Palembang Gagalkan Penyelundupan 183.700 Benih Lobster

Lobster senilai Rp18,6 miliar rencananya dikirim ke Vietnam

Palembang, IDN Times - Tim gabungan Kantor Bea Cukai Palembang dan Kanwil Bea Cukai Sumbagtim berhasil menggagalkan penyelundupan ratusan ribu benih lobster jenis mutiara dan pasir. Rencananya benih lobster dibawa ke luar Palembang menggunakan kapal speedboat bermesin 40 PK.

"Total ada 36 gabus sintetis yang diamankan dari dua orang pelaku. Gabus sintetis pertama diamankan 4 Maret terdiri 14 karton dengan total 53.400 benih lobster. Lalu gabus sintetis kedua pada 6 Maret sebanyak 22 karton dengan total 130.300 benih lobster," ungkap Kepala Bea Cukai Palembang, Abdul Harris, Senin (7/3/2022).

1. Lobster dihargai Rp100.000 hingga Rp150.000 per ekor

Bea Cukai Palembang Gagalkan Penyelundupan 183.700 Benih LobsterPress rilis pengamanan benih lobster di Sumsel (IDN Times/istimewa)

Selama dua hari operasi penyisiran, pihak Bea Cukai dibantu tim Satgas BBL Polda Sumsel berhasil mengamankan ratusan ribu benih lobster yang ditafsir mencapai Rp18,675 miliar. Benih lobster tersebut rencananya akan dibawa ke perairan lepas.

"Untuk jenis mutiara dihargai Rp150.000 sedangkan pasir Rp100.000 per ekornya. Jadi total keseluruhan kerugian negara yang bisa diselamatkan mencapai Rp18,6 miliar, " ungkap dia.

Baca Juga: Polisi Bongkar Gudang Sementara Benih Lobster Selundupan di Banyuasin

2. Vietnam jadi pasar penyelundupan lobster terbesar di Asia Tenggara

Bea Cukai Palembang Gagalkan Penyelundupan 183.700 Benih LobsterPress rilis pengamanan benih lobster di Sumsel (IDN Times/istimewa)

Dari operasi penangkapan itu juga, dua tersangka berinisial RA dan A diamankan dan diperiksa di Mapolda Sumsel. Keterangan keduanya masih didalami, mengingat penyelundupan benih lobster sudah berulang kali terjadi. Bea Cukai menduga ratusan ribu benih lobster tersebut akan dibawa ke Vietnam yang menjadi pasar penyelundupan terbesar lobster di kawasan Asia Tenggara.

"Rencana akan dibawa ke Singapura dan Malaysia. Barulah dari sana dibawa ke Vietnam. Keterangan pelaku masih didalami rekan-rekan dari Polda Sumsel," jelas dia.

Baca Juga: Bawa Benih Lobster Rp14 Miliar, Tersangka Kurir Cuma Dibayar Rp1 Juta

3. Benih lobster akan dilepaskan di Lampung

Bea Cukai Palembang Gagalkan Penyelundupan 183.700 Benih LobsterFoto benih lobster (ANTARA FOTO/FB Anggoro/pd)

Benih lobster tersebut sudah diserahkan kepada Polda Sumsel dan Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Palembang. Rencananya benih lobster akan dilepas di perairan Lampung.

"Ada pantai-pantai khusus tempat lobster berkembang biak. Rencananya dilepaskan di Lampung," tutup dia.

Baca Juga: Aman Tak Terpantau, Penyelundup Benih Lobster Pilih Jalur Sumsel

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya