BBPJN V Mulai Bangun Exit Tol Ruas Kayuagung - Bakauheni Awal 2020

Keluar di Jalan Lintas Timur area Mataram Jaya  

Palembang, IDN Times - Kepala Balai Besar Pengelolaan Jalan Nasional (BBPJN) V, KGS Saiful Anwar menyatakan, pihaknya akan menambah jalur exit tol pada ruas Trans Sumatera poros Kayuagung-Bakauheni, menuju Jalan Lintas Timur di area Mataram Jaya dan Simpang Lubuk Siberuk. 

"Kita akan membangun jalan keluar tol, yang terpilih itu berada di daerah Mesuji pada kilometer 227, Mataram Jaya sampai Simpang Lubuk Siberuk," ujar Saiful Anwar, Senin (18/11).

1. Pengerjaan exit tol sepanjang 27 Kilometer hingga tembus ke Jalintim

BBPJN V Mulai Bangun Exit Tol Ruas Kayuagung - Bakauheni Awal 2020Ruas Tol Tebangi Besar - Pematang Panggang - Kayuagung (IDN/istimewa)

Saiful mengungkapkan, exit tol baru yang akan dibangun tersebut nanti diperuntukkan agar tidak hanya terfokus pada gerbang tol Celikah di Kecamatan Kayuagung. Rencananya exit tol baru tersebut sepanjang 27 kilometer hingga tembus ke jalan lintas Timur.

"Kita akan bagi tender pengerjaannya, untuk HK 2 kilometer sekaligus gerbang tolnya, lalu Pemprov Sumsel akan menggarap 6 kilometer, kita BBPJN 11 kilometer, lalu sisanya 8 kilometer kabupaten," ungkap dia.

2. Pengerjaan exit tol tunggu tender dan pembebasan lahan pada Januari 2020 mendatang

BBPJN V Mulai Bangun Exit Tol Ruas Kayuagung - Bakauheni Awal 2020Ruas jalan tol Trans Sumatera (IDN Times/Rangga Erfizal)

Untuk pembangunan exit tol baru itu, jelas Saiful, pihaknya masih menunggu tender dan pembebasan lahan yang akan dilakukan pada Januari 2020 mendatang, sedangkan untuk pembebasan lahan masih dilakukan oleh pihak kabupaten.

"Kita baru akan lakukan MoU dengan bupati dan gubernur mengenai pengerjaan exit tol itu. Desain sudah, sekarang masih dalam tahap pembebasan lahannya," jelas dia.

Baca Juga: Soal Tarif Tol Trans Sumatera, Menhub: Ada di Menteri PUPR

3. Sambut akhir tahun Jalan Lintas dilakalukan perbaikan

BBPJN V Mulai Bangun Exit Tol Ruas Kayuagung - Bakauheni Awal 2020Ruas Tol Palembang-Kayuagung (IDN Times/Rangga Erfizal)

Kemudian, terang dia, untuk perbaikan pengerjaan jalan nasional, pihak BBJPN V akan melakukannya pada akhir November ini, untuk persiapan dalam menghadapi akhir tahun.

"Perbaikan jalan lintas itu nantinya fungsional, paling tidak jalan-jalan yang berlubang bisa dilalui," tandas Saiful.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya