Baku Tembak dengan Polisi, Pencuri Mobil Asal Lampung Terlacak GPS

Satu keok diterjang timah panas yang lain DPO

Banyuasin, IDN Times - Spesialis pencuri antar provinsi asal Lampung, beraksi di wilayah Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel). Mereka berhasil menggasak mobil milik warga yang terparkir di depan rumah dengan merusak kunci pintu kendaraan, Selasa (19/5).

Namun tak lama beraksi, pelaku Doni Andika (30) berhasil diringkus polisi. Pencairan aparat berhasil berkat bantuan Global Positioning System (GPS) yang tertanam di dalam mobil. Tersangka pun diringkus di daerah asalnya.

"Pencurian dilakukan oleh kedua pelaku yang sebelumnya keliling mencari mangsa. Kedua pelaku melihat mobil Mitsubishi L300 di Jalan Raya Palembang-Betung KM 16, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin. Lalu mobil dilarikan ke Lampung," ujar Kapolsek Talang Kelapa, Kompol Masnoni, Rabu (20/5).

Baca Juga: Oknum Santri Gorok Pengasuh Ponpes di OKU Timur Saat Tahajud  

1 Mobil yang dicuri terpasang GPS

Baku Tembak dengan Polisi, Pencuri Mobil Asal Lampung Terlacak GPSIlustrasi pencurian mobil (TheDigitalWay/Pixabay)

Mobil milik korban Ruswandi itu sering terparkir di depan rumah. Korban yang menyadari mobil miliknya hilang, langsung bergegas melapor ke Polsek Talang Kelapa. Mobil yang diberi alat GPS tersebut dilacak berada belum jauh, masih di kawasan Sumsel.

"Setelah itu korban melapor, kita lihat GPS kendaraannya memang ada di kawasan Tol Palembang - Kayuagung. Langsung saat itu kita melakukan pengejaran," ujar dia.

2. Polisi dan tersangka baku tembak

Baku Tembak dengan Polisi, Pencuri Mobil Asal Lampung Terlacak GPSTersangka saat diintrogasi oleh Kapolsek Talang Kelapa, Kompol Masnoni (IDN Times/Polsek Talang Kelapa)

Tim dari Polsek Talang Kelapa langsung menuju lokasi GPS mobil tersebut. Masnoni mengatakan, anggotanya berhasil memantau kendaraan yang sudah berhasil dibawa kabur kedua pelaku tengah berhenti di pinggir jalan.

Pelaku Doni yang tengah bersantai di dalam kendaraan langsung diamankan petugas tanpa perlawanan. Sementara rekannya AN, yang berada tidak jauh dari mobil, menembaki petugas menggunakan senjata api.

"Kita sempat melepaskan tembakan peringatan namun dibalas oleh pelaku dengan melepaskan tembakan dua kali, dan dilakukan pengejaran. Karena jarak pelaku sudah terlalu jauh dia berhasil melarikan diri," jelas dia.

3. Polisi kembangkan kasus pencurian lintas provinsi

Baku Tembak dengan Polisi, Pencuri Mobil Asal Lampung Terlacak GPSilustrasi. (IDN TImes/Sukma Shakti)

Saat ini petugas masih melakukan pemeriksaan terhadap Doni untuk mencari tahu keberadaan rekannya, dan mengembangkan motif melakukan pencurian.

"Pelaku yang DPO ini juga warga Lampung Tengah, mereka sengaja datang ke sini untuk mencuri mobil. Kita sedang melakukan pemeriksaan mendalam, di mana saja mereka ini beraksi. Pelaku Doni merupakan residivis narkoba dan pernah ditahan di Kalimantan Selatan," tandas dia.

Baca Juga: Suka Kirim PAP ke Pacar, Foto Bugil Janda di Palembang Malah Tersebar 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya