Akui Ada Kesalahan Input, Data Pasien Positif di Sumsel Tetap 18 Orang

Kesalahan akan diperbaiki senin mendatang

Palembang, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Jubir Satgas) COVID-19 Sumatera Selatan, Yusri, mengungkapkan jika terjadi kesalahan pada data jumlah pasien positif. Ia mengonfirmasi jika total pasien yang terjangkit virus corona di Sumatera Selatan (Sumsel) 18 kasus. 

Menurut Yusri, pihaknya telah menghubungi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan gugus tugas nasional. Penambahan tiga orang pasien positif di Sumsel merupakan data lama. 

"Jadi sudah di konfirmasi baik ke BBLK Palembang dan Kemenkes. Tiga sampel yang masuk adalah pasien lama yang positif. Jadi total hingga hari ini tetap 18 orang kasus," jelas Yusri, Sabtu (11/4).

1. Data baru akan diubah Senin mendatang

Akui Ada Kesalahan Input, Data Pasien Positif di Sumsel Tetap 18 OrangWisma Atlet Jakabaring Sport City (JSC) dijadikan sebagai Rumah Sehat untuk Orang Dalam Pemantauan atau ODP. (IDN Times/Deryardli Tiarhendi)

Untuk mencegah adanya kesimpangsiuran, gugus tugas daerah sudah memberi tahu gugus nasional mengenai kesalahan input data tersebut. Karena hari ini akhir pekan, kemungkinan perubahan data baru bisa dilakukan pada Senin nanti (13/4).

"Kementerian sudah berjanji akan melakukan proses perubahan data. Namun berhubung perubahan data berada di operator, harus menunggu surat resmi. Mudah-mudahan paling lambat senin sudah di rubah," ujar dia.

Baca Juga: Terungkap, Kasus Corona yang Diumumkan Berasal dari Data 6 Hari Lalu  

2. Jumlah PDP dan ODP per hari ini

Akui Ada Kesalahan Input, Data Pasien Positif di Sumsel Tetap 18 OrangKepala Seksi Surveillance Imunisasi Dinas Kesehatan Sumsel, Yusri (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sedangkan untuk jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) saat ini berjumlah 2.020 orang, di mana selesai pemantauan 1.284 orang dan masih dalam pemantauan 736 orang. Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tercatat ada 65 orang, 41 orang dinyatakan negatif, dan 24 orang masih dalam proses pengawasan.

"PDP penambahan ada lima orang. Dan sampel yang telah kita periksa hingga hari ini ada 165 orang, sampel positif 18 orang, 79 negatif dan 62 orang masih dalam pemeriksaan," jelas dia.

Baca Juga: UKM Handicraft di Palembang Banting Stir, Bikin 1.500 Masker Per Hari

3. Dua pasien meninggal, dua sembuh dan 14 dirawat

Akui Ada Kesalahan Input, Data Pasien Positif di Sumsel Tetap 18 OrangIDN Times/Rizka Yulita

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging RSUP Mohammad Hoesain Palembang, dr Harun Hudari mengatakan, hingga hari ini total keseluruhan pasien positif tercatat ada 18 orang, dua orang meninggal dunia, dan dua orang sembuh. Untuk pasien sembuh juga diumumkan hari ini yakni pasien 05. Menyusul pasien 12 sepekan sebelumnya.

Keduanya dinyatakan sembuh setelah melalui pemeriksaan laboratorium dengan sistem Polymerase Chain Reaction (PCR), tidak ada lagi terdeteksi virus di kedua pasien tersebut.

"Jika masih ada maka dilakukan perawatan lanjutan, namun jika tidak ada lagi maka diperbolehkan pulang. Mereka yang sembuh juga masih harus menjalani proses isolasi mandiri selama sepekan," tutup dia.

 

Baca Juga: Cerita Pasien Sembuh di Sumsel, Matikan HP Hindari Stres

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya