775 Personel Gabungan Amankan Perayaan Cap Go Meh di Palembang

Pulau Kemaro akan dihadiri puluhan ribu wisatawan

Palembang, IDN Times - Sebanyak 775 personel gabungan lintas intansi disiagakan untuk mengamankan pelaksanaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro Palembang. Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Mokhamad Ngajib mengatakan, pengerahan ratusan personel tersebut ditujukan untuk menjaga keamanan selama acara.

"Ratusan personel itu akan mengamankan dari awal hingga puncak perayaan Cap Go Meh," ungkap Ngajib, Kamis (2/2/2023).

Baca Juga: Jembatan Tongkang Pulau Kemaro untuk Cap Go Meh Dibuka 31 Januari 2023

1. Kapal-kapal patroli akan disiagakan

775 Personel Gabungan Amankan Perayaan Cap Go Meh di PalembangIDN Times/Imam Rosidin

Antisipasi yang melibatkan banyak personel tersebut dilakukan mengingat Pulau Kemaro akan dihadiri puluhan ribu wisatawan. Pengamanan akan ditingkatkan di jalur Sungai Musi menuju ke Pulau Kemaro, seperti menerjunkan personel Satpolairud bersama TNI AL Lanal Palembang.

"Kita lakukan pengamanan situasi, sampai dengan saat ini landai aman dan terkendali. Mudah-mudahan sampai puncak perayaan Cap Go Meh situasinya tetap aman," jelas dia.

Baca Juga: Makna Kue Bulan, Panganan Khas dan Wajib Tersaji saat Imlek 

2. Pulau Kemaro dinilai kurang pengamanan

775 Personel Gabungan Amankan Perayaan Cap Go Meh di PalembangKapolrestabes Palembang, Kompol Mokhamad Ngajib (Dok: istimewa)

Karena berada di tengah pulau, pihaknya menilai masih banyak kekurangan pengamanan seperti pembatas atau pagar tongkang. Kondisi itu dianggap berbahaya ketika ada pengunjung yang terjatuh ke sungai.

"Kekurangan lainnya juga perlu ditambahkan seperti petunjuk arah," ujar dia.

3. Kapolrestabes Palembang berikan masukan untuk penyelenggara

775 Personel Gabungan Amankan Perayaan Cap Go Meh di PalembangDokumen Pribadi

Ngajib menambahkan, dirinya telah meninjau secara langsung lokasi perayaan Cap Go Meh. Beberapa masukan telah diberikan kepada penyelenggara untuk menambah sistem pengamanan demi mengantisipasi ramainya pengunjung.

"Setelah saya keliling melihat situasi di Pulau Kemaro mulai dari akses masuk dari dermaga, ada beberapa kekurangan yang perlu ditambahkan seperti petunjuk arah," tutup dia.

Baca Juga: Tradisi Jelang Imlek: Cuci Patung dan Ritual Antar Dewa ke Langit

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya