5 Makanan Bersantan Favorit Wong Palembang, Maknyus jadi Menu Berbuka 

Beberapa menu bahkan hanya muncul saat puasa

Palembang, IDN Times - Kuliner Palembang tak cuma dikenal karena pempek dan cuka pekatnya yang pedas, tapi banyak juga kuliner khas yang berkuah santan. Menu berkuah santan ini ada yang dijual hanya saat di bulan Ramadan, tapi ada juga yang bisa dijumpai di hari-hari biasa.

Berikut lima makanan Wong Palembang yang memiliki tekstur kuah sangan kental, cocok untuk makanan berat saat berbuka puasa nanti, nih.

Baca Juga: 3 Varian Brownies Kukus Cokelat, Simpel dan Cocok Buat Takjil 

1. Ragit menu khas berbuka puasa di bulan Ramadan

5 Makanan Bersantan Favorit Wong Palembang, Maknyus jadi Menu Berbuka Ragit (Cookpad.com)

Ragit merupakan makanan khas Palembang yang kerap menjadi hidangan menu berbuka puasa. Bentuknya yang seperti jala memiliki ciri khas bentuk segitiga atau berbentuk dadar. Banyak orang mengira bahwa ragit adalah makanan sejenis roti jala asal India, karena dihidangkan sama dengan kuah khas kari.

Ragit sendiri terbuat dari terigu, telur, dan garam yang diaduk menjadi satu. Proses memasaknya cukup unik. Adonan tepung dan telur tadi dibentuk menyerupai jaring-jaring di atas wajan.

Sedangkan untuk kuah karinya, didapat dari campuran kentang, daging sapi, santan kelapa, dan bumbu kari. Setelah kuah dijadikan satu, ragit berbentuk jaring tadi akan dipadukan dengan kuah kari yang sudah jadi.

2. Lakso berwujud mi putih dari tapioka berpadu kuah santan

5 Makanan Bersantan Favorit Wong Palembang, Maknyus jadi Menu Berbuka http://Instagram.com/aristamontana

Menu berikutnya adalah Lakso, makanan ini sama enaknya saat disantap untuk berbuka puasa. Lakso sangat mudah didapati tidak hanya pada bulan puasa, tapi di hari-hari biasa lainnya. Tapi biasanya Lakso makin diburu  untuk menu berbuka puasa. 

Hidangan lakso berbentuk mi putih, dipadukan dengan kuah santan ikan yang gurih. Lakso sendiri terbuat dari campuran tepung beras dan tepung tapioka, yang dibentuk ulir panjang menyerupai mi yang direbus di air panas. Cara penyajiannya menggunakan kuah kuning santan berbumbu rempah yang dicampur dengan ikan.

Baca Juga: 3 Resep Dessert Simpel untuk Berbuka, Manisnya Mudah Dibuat 

3. Laksan serupa pempek disajikan dengan kuah santan penuh rempah

5 Makanan Bersantan Favorit Wong Palembang, Maknyus jadi Menu Berbuka Laksan (Palembang-tourism.com)

Menu lainnya adalah Laksan. Tampilan laksan sebenarnya seperti pempek yang dibentuk menyerupai persegi panjang. Pembuatannya pun sama dengan pempek pada umumnya dengan campuran ikan dan sagu (Tapioka).

Hanya saja penyajiannya cukup berbeda, karena menggunakan bumbu serupa lakso dengan campuran rempah dan santan. Campuran lengkuas, kemiri jahe, dan ketumbar, menjadi daya tarik yang membuat rasa kuah laksan menjadi nikmat.

4. Celimpungan seperti tekwan namun dengan balutan kuah santan

5 Makanan Bersantan Favorit Wong Palembang, Maknyus jadi Menu Berbuka Sajian celimpungan makanan khas Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menu lainnya yang memiliki karakteristik makanan berkuah santan kental adalah Celimpungan. Bagi warga Palembang mereka sudah familiar dengan makanan ini. Bentuknya seperti adonan tekwan persis, hanya saja ukurannya yang lebih besar. Pembuatannya juga menggunakan ikan yang dicampur dengan sagu (Tapioka)

Bentuk kuahnya bewarna kuning cerah, diracik dari berbagai macam bumbu termasuk kunyit, ketumbar, lengkuas, dan kemiri. Tidak lupa campuran santan dan cengkeh, sehingga  menjadikan makanan ini penuh dengan campuran rempah. Penyajiannya sama seperti makanan sebelumnya yang disajikan dengan dicampur kuah sekaligus.

5. Sajian Burgo dengan kuah santan putih

5 Makanan Bersantan Favorit Wong Palembang, Maknyus jadi Menu Berbuka instagram.com/dapoerimeh

Burgo juga jadi menu favorit masyarakat Palembang. Tekstur burgo menyerupai dadar tipis dibalut dengan kuah santan putih. Burgo dibuat menggunakan tepung beras dan tepung sagu.

Sedangkan untuk bumbu kuahnya menggunakan serai, daun salam, dan lengkuas yang dimasak dengan rebusan cabai keriting, dan cabai merah disatukan dengan air santan serta ikan gabus. Gulungan dadar disiram menggunakan kuah santan.

Makin gak berbuka puasa kan? Kalau kalian berkunjung ke Kota Palembang, makanan bersantan nan gurih ini wajib dicoba. 

Baca Juga: 4 Menu Olahan Berbahan Ayam, Cocok Jadi Menu Sahur atau Berbuka

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya