3 Bulan Berjuang, Prabumulih Bisa Bebas dari COVID-19

Prabumulih pun kini menjadi zona hijau 

Palembang, IDN Times - Kota Prabumulih dinyatakan terbebas dari pandemik COVID-19, setelah pasien terakhir berhasil sembuh hari ini, Rabu (167/6). Padahal, Prabumulih menjadi kota pertama di Sumsel yang teridentifikasi kasus COVID-19 pada Maret lalu. 

Dari total 33 pasien positif, ke-30 orang dinyatakan sembuh dan bebas dari virus corona. Sedangkan tiga orang lainnya meninggal dunia. Setelah tiga bulan berjuang dan hanya membutuhkan satu tahapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Prabumulih pun sukses menangani penyebaran COVID-19.

"Dengan semua pasien positif sembuh maka,Prabumulih menjadi zona hijau. Seminggu lalu mereka masih mengirim sampel ke Muara Enim, karena di sana sudah ada tempat pemeriksaan," jelas Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Sumsel, Yusri dalam saat keterangan pers, Rabu (17/6).

 

 

1. Sekitar 70 persen pasien anak-anak di Sumsel juga berhasil sembuh

3 Bulan Berjuang, Prabumulih Bisa Bebas dari COVID-19Proses live report perkembangan COVID-19 di Sumsel (IDN Times/Humas Pemprov Sumsel)

Jumlah kasus anak terkonfirmasi positif COVID-19 di Sumsel mencapai 118 orang. Namun dari jumlah itu, sekitar 82 orang berhasil sembuh. Jumlah anak-anak yang sembuh itu mengikuti tren positif di Bumi Sriwijaya. 

"Dari 118 anak, sekitar 70 persen pasien dinyatakan sembuh. Sejauh ini jumlah anak positif tidak terlalu banyak," ujar Yusri.

Baca Juga: PSBB Palembang Berakhir, Jam Kerja ASN Kembali Normal

2. Penambahan kasus positif hari ini

3 Bulan Berjuang, Prabumulih Bisa Bebas dari COVID-19Pemeriksaan tes swab dari BNI di JSC Palembang (IDN Times/Dokumen BNI)

Sejauh ini jumlah pasien positif yang masih aktif di Sumsel mencapai 735 orang, usai pasien baru bertambah 43 orang. Penambahan itu tersebar di Palembang sebanyak 28 orang, Muara Enim 2 orang, Banyuasin 8 orang dan Lubuk Linggau 5 orang.

Sedangkan untuk kasus sembuh bertambah 35 orang, di antaranya 24 orang dari Palembang, Prabumulih dan Banyuasin 1 orang, Mura serta Muba 3 orang.

"Total positif ada 1.541 kasus. Pasien meninggal bertambah 4 orang hari ini dari Palembang. Sehingga total ada 61 orang," jelas dia.

3. Normal baru harus dipahami dengan berhati-hati saat beraktivitas

3 Bulan Berjuang, Prabumulih Bisa Bebas dari COVID-19Transportasi Teman Bus di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sedangkan untuk orang dalam pantauan (ODP) tercatat 7.702 orang, dengan selesai pemantauan 5.973 orang dan 1.729 orang masih dalam proses pemantauan. Kasus pasien dengan pengawasan (PDP) sudah berjumlah ada 825 orang, selesai pengawasan 327 orang dan masih dalam proses 498 orang.

"Saat ini beberapa persiapan sudah dilakukan untuk menghadapi normal baru. Tetapi masyarakat jangan mengartikan pandemik di Sumsel sudah selesai. Kita diminta tetap beraktivitas dengan kebiasaan baru dan lebih berhati-hati," tegas dia.

Baca Juga: Bioskop di Palembang Mulai Dibuka Bulan Depan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya