2 Kali Gempa di Bengkulu Terasa Hingga ke Pagaralam

Aktifitas Gunung Dempo tidak terpengaruh Gempa Bengkulu

Pagar Alam, IDN Times - Gempa mengguncang Provinsi Bengkulu hingga dua kali, dengan kekuatan 6,9 dan 6,8 Magnitudo. Kekuatan gempa bahkan terasa hingga ke Kota Pagaralam dan Lubuk Linggau, Sumatra Selatan, Rabu (19/8/2020). Gempa itu terjadi dalam selang waktu lima menit, sekitar pukul 05.24 WIB dan 05.29 WIB.

"Gempa memang terasa sampai ke Kota Pagaralam. Hanya saja tidak berpengaruh ke Gunung Dempo. Dari pantauan terhadap aktivitas gunung saat ini masih di level 1 normal," jelas Petugas Pos Pantau Gunung Dempo, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Megi, Rabu (19/8/2020).

1. Gempa tidak memengaruhi aktivitas Gunung Dempo

2 Kali Gempa di Bengkulu Terasa Hingga ke PagaralamPemandangan lembah Gunung Dempo dari puncak Merapi Dempo, Pagaralam/IDN Times/Sidratul Muntaha

Menurut Megi, gempa yang terjadi di Bengkulu tepatnya berada di 169 kilometer Barat Daya Bengkulu, 177 kilometer Barat Laut Enggano, dan berada di kedalaman 24 kilometer serta 86 kilometer di dalam laut.

"Gempa tadi pagi akibat pergeseran lempeng tektonik yang sumbernya dari lempengan bumi. Kalau Gunung Dempo sendiri yang memengaruhinya gempa vulkanik, jadi tidak ada pengaruh," jelas dia.

Baca Juga: Pagaralam Zona Kuning COVID-19, Pariwisata Tetap Berjalan

2. Pendaki diminta tetap berhati-hati

2 Kali Gempa di Bengkulu Terasa Hingga ke PagaralamIlustrasi. Pendaki Gunung Dempo di Pagaralam, Sumatra Selatan. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Aktivitas pendakian Gunung Dempo hingga saat ini masih terus dilakukan oleh masyarakat. Pihak pos pantau pun meminta masyarakat berhati-hati dengan tidak mendekati bibir kawah.

"PVMBG meminta masyarakat terus berhati-hati, karena suatu waktu aktivitas gunung Dempo dapat terjadi. Terutama wilayah berbahaya seperti bibir kawah," jelas dia.

3. Guncangan terasa tapi tidak merusak

2 Kali Gempa di Bengkulu Terasa Hingga ke PagaralamGempa Bengkulu (website/BMKG)

Hakim warga Pagaralam (22) mengaku sempat merasakan getaran gempa sebanyak dua kali. Hanya saja, getaran itu dirasakan tidak begitu kencang dan tak menyebabkan kerusakan.

"Lumayan terasa tadi pagi, saat mau beraktivitas," jelas dia. Kota Pagaralam menjadi wilayah Sumsel yang berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu.

Baca Juga: Wawako Pagaralam M Fadli Resmi Jabat Manajer Sriwijaya FC U-18

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya