1 April, Tol Kayuagung-Palembang Resmi Operasional

Presiden Jokowi resmikan setelah selesai sampai Lintas Timur

Palembang, IDN Times - Sempat batal diresmikan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo akibat wabah virus corona, akhirnya Jalan Tol Ruas Kayuagung - Palembang resmi beroperasi pada Rabu (1/4) besok.

"Tol Kayuagung - Palembang akan beroperasi mulai Rabu mendatang sejak pukul 07.00 WIB," ujar Pemimpin Proyek Waskita Sriwijaya Tol, Yusuf Ar Rosadi kepada IDN Times, Selasa (31/3).

1. Jakabaring - Kayuagung dianggap sudah layak operasi

1 April, Tol Kayuagung-Palembang Resmi OperasionalKondisi gate pintu tol di kawasan Jakabaring (IDN Times/Rangga Erfizal)

Yusuf mengungkapkan, seharusnya pengoperasian tol tersebut dilakukan pada 17 Maret  lalu. Nah, karena sudah ada surat dari Menteri PUPR, maka mulai 1 April besok sudah bisa beroperasi.

"Surat Keputusan Menteri PUPR sudah turun, jadi tol mulai bisa beroperasi," ungkap dia.

2. Presiden baru resmikan jika sudah selesai sampai lintas timur

1 April, Tol Kayuagung-Palembang Resmi OperasionalProgres pembangunan jalan tol (IDN Times/Istimewa)

Yusuf menjelaskan, setelah selesai secara keseluruhan tol yang berjarak 41 kilometer dari pintu sementara Jakabaring hingga ke Kayuagung, baru akan diresmikan oleh Presiden Jokowi sambil menunggu wabah corona berlalu.

"Tetap akan ada peresmian, namun nanti sekalian kalau sudah tembus ke seksi 2, dan keluar di gerbang toll gate IC Keramasan atau Lintas Timur Sumatera," jelas dia.

Baca Juga: Presiden Jokowi Fokus Corona, Peresmian Tol Kayuagung-Palembang Molor 

3. BPJT sudah kirimkan surat layak jalan

1 April, Tol Kayuagung-Palembang Resmi OperasionalKepala Proyek Tol Palembang - Kayuagung, Gunawan (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sementara, Kepala Proyek Tol Seksi satu Kayuagung - Palembang (Kapal), Gunawan menambahkan, pembukaan pengoperasionalan tol itu karena dari segi teknis sudah layak dilalui sampai pintu Jakabaring. Kalau untuk tarif, pihaknya masih membuka secara gratis.

"Tol sudah gak ada masalah, surat dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) sudah turun dan diperbolehkan operasional, tetapi karena adanya wabah COVID-19 maka tidak ada peresmian," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya