Wisata Sungai Sekanak Lambidaro Palembang Diresmikan Januari 2022

Proyek wisata dan normalisasi sungai itu sudah 92 persen

Palembang, IDN Times - Pembangunan Sungai Sekanak Lambidaro sebagai proyek revitalisasi sungai di sekitar kawasan rusunawa, kelurahan 24 ilir, sudah mencapai angka 92 persen.

"Revitalisasi ini dilakukan sepanjang konstruksi 800 meter yang melingkupi sungai dari titik Jerambah Karang sampai jembatan di Palembang Indah Mal (PIM)," ujar Asisten II Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Anshori, Rabu (1/12/2021).

1. Proyek Sekanak Lambidaro diprediksi habiskan dana Rp42 miliar

Wisata Sungai Sekanak Lambidaro Palembang Diresmikan Januari 2022Aliran Sungai Sekanak Lambidaro Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Proyek yang dimulai 5 Mei 2021 itu diprediksi memakan biaya senilai Rp42 miliar. Dana itu diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021 dan 2022.

"Pinggir sungai sudah dibeton, dasar sudah dikeruk, sampah di permukaan mulai dibersihkan. Sisi konstruksi telah disemen untuk pedestrian," katanya.

Baca Juga: Pembangunan Sekanak Lambidaro Berlanjut, Anggaran Tambah Rp9 miliar

2. Proyek pembangunan tinggal persiapan pedestrian

Wisata Sungai Sekanak Lambidaro Palembang Diresmikan Januari 2022Proyek Sungai Sekanak Lambidaro Palembang Sudah 92 Persen (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Berdasarkan peninjauan Pemkot Palembang, proyek yang hampir rampung itu rencananya diresmikan di awal Januari 2022. Sisa pengerjaan fokus pada bagian pedestrian jalan.

"Sepanjang 800 meter ini sudah dikerjakan, tinggal fokus ke pedestrian. Kita akan baguskan landskap-nya agar sungai sekanak ini bisa jadi destinasi wisata baru di Palembang," timpal dia.

Baca Juga: Pedestrian Sudirman Palembang Bakal Dipindah ke Sekanak

3. Libatkan komunitas sungai untuk perawatan non struktural

Wisata Sungai Sekanak Lambidaro Palembang Diresmikan Januari 2022Pemkot Palembang meninjau kawasan Restorasi Sekanak Lambidaro (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII, Maryadi Utama menambahkan, masalah terbesar dalam restorasi sungai sebenarnya bukan soal pembangunan, tetapi terkait perawatan setelah selesai.

"Akan ada nanti namanya masalah non struktural yang mencangkup perawatan, pembersihan, pemberdayaan warga sekitar dan komunitas, agar sungai ini terus bersih dan tidak kumuh," tambahnya.

4. Rencana tambah 1,5 kilometer sungai masuk dalam proyek Sekanak Lambidaro

Wisata Sungai Sekanak Lambidaro Palembang Diresmikan Januari 2022Proyek Sungai Sekanak Lambidaro Palembang Sudah 92 Persen (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Pihak BBWS Sumatra VII akan bekerja sama Pemkot untuk menertibkan penggunaan wilayah sekitar sungai, sebagai upaya membentuk wilayah tampak rapi dan bebas masalah.

"Kami juga berencana menambah 1,5 Kilometer sungai yang mengarah ke daerah Lambidaro dengan anggaran Rp98 Miliar ke dalam proyek. Penambahan ini mudah-mudahan bisa terlaksana tahun depan," tandas dia.

Baca Juga: Pemkot Palembang Siap Bangun RTH di Bantaran Sungai Sekanak 24 Ilir

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya