Warga Palembang Bisa Vaksin di Mal, Pengunjung Cukup Bawa KTP

Layanan vaksinasi dimulai pukul 10.00 WIB setiap hari

Palembang, IDN Times - Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru bersama pimpinan lintas organisasi di Palembang mengeluarkan maklumat. Isinya tentang pindai barcode PeduliLindungi di tempat publik termasuk mal.

Marketing Communication Manager Palembang Square (PS) Mall, Intan Indirayani mengatakan, pengunjung yang belum mendapat vaksinasi bisa langsung datang agar bisa masuk ke pusat perbelanjaan.

"Jadi kalau pengunjung yang datang ke mal dan belum sama sekali divaksin, kita menyediakan tempat pelaksanaan vaksin," ujarnya, Kamis (28/10/2021).

1. Vaksinasi di mal gratis tanpa biaya

Warga Palembang Bisa Vaksin di Mal, Pengunjung Cukup Bawa KTPIlustrasi Mal (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Vaksinasi di mal merupakan kegiatan yang diselenggarakan pengelola, didukung Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang. Menurutnya, vaksinasi di mal sebagai bentuk fasilitas dan pelayanan bagi masyayarakat Palembang.

"Jadi pengunjung tidak perlu repot mencari lokasi vaksin. Pengunjung yang ingin divaksin untuk masuk mal sudah dipermudah. Ini gratis tidak dipungut biaya," kata dia.

Baca Juga: Sudah Sembilan Bulan, Vaksinasi di Sumsel Baru 36,21 Persen

2. Jam operasional vaksinasi di mal hanya sampai sore

Warga Palembang Bisa Vaksin di Mal, Pengunjung Cukup Bawa KTPIlustrasi vaksinasi COVID-19 (Antara FOTO)

Pelayanan vaksinasi mulai dibuka sejak pagi sesuai jam opersional mal. Namun untuk waktu tutup layanan dibatasi hingga sore hari, meski operasional mal sampai pukul 20.00 WIB. 

"Untuk tahapan vaksinasi di sini sama seperti vaksinasi di tempat lain. Masyarakat atau pengunjung cukup memperlihatkan KTP dan sudah bisa divaksin," timpalnya.

Baca Juga: Realisasi Vaksinasi COVID-19 Ibu Hamil di Palembang Baru 4 Persen

3. Pengunjung yang baru vaksis dosis pertama diperbolehkan masuk mal

Warga Palembang Bisa Vaksin di Mal, Pengunjung Cukup Bawa KTPIlustrasi suasana pengunjung masuk mal wajib scan barcode (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Ketersediaan layanan vaksinasi di mal menjadi salah satu upaya pemerintah setempat untuk mengejar target kekebalan komunal di Palembang.

"Agar semua warga kita mendapatkan antibody serta kondisi kembali normal. Sementara tak ada masalah bagi pengunjung yang baru vaksis dosis awal, yang penting sudah vaksinasi," tambah Intan.

4. Bisa mendaftar lewat online

Warga Palembang Bisa Vaksin di Mal, Pengunjung Cukup Bawa KTPIlustrasi vaksinasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Sebelumnya, uji coba aplikasi PeduliLindungi telah diterapkan di sejumlah mal Palembang sejak 26 Oktober 2021. Selain PS mal, Palembang Icon (PI) juga sudah mengikuti maklumat pemerintah tersebut. Pengelola mal turut menyediakan sentra vaksinasi bagi pengunjung.

Termasuk layanan vaksinasi yang disiapkan OPI Mal di little town yang beroperasi setiap Senin-Sabtu pukul 10.00-16.00 WIB. Namun fasilitas vaksinasi hanya tersedia untuk 500 dosis vaksin setiap hari, baik dosis pertama atau kedua merek Sinovac.

Pendaftaran vaksinasi dapat dilakukan on the spot saat pengunjung datang ke mal. Mereka hanya menunjukkan identitas diri atau bisa mendaftar secara online melalui website vaksinonline.com, dengan mendata informasi sesuai nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Baca Juga: 300 Warga Palembang Terima Vaksinasi COVID-19 Merek Pfizer

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya