Warga Miskin Penerima Bansos PPKM di Palembang Berdasarkan Kriteria

Warga miskin baru di Palembang kini mencapai 87 ribu orang

Palembang, IDN Times - Palembang masih menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 23 Agustus mendatang. Namun penerima bantuan sosial (bansos) PPKM berdasarkan data Dinas Sosial (Dinsos), belum terdistribusi secara menyeluruh.

"Warga miskin baru (misbar) berhak menerima bansos selama PPKM, tapi tidak semua misbar mendapatkannya karena ada seleksi tertentu," ujar Kasi Jaminan Sosial Keluarga dari Dinsos Palembang, Merry Ari Santy kepada IDN Times, Jumat (20/8/2021) kemarin.

1. Warga misbar belum pernah menerima bantuan berhak mendapat bansos PPKM

Warga Miskin Penerima Bansos PPKM di Palembang Berdasarkan KriteriaIlustrasi petugas Kantor Pos memotret warga untuk data bukti penerima bantuan sosial tunai (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Menurutnya, aturan misbar yang berhak menerima bansos adalah mereka yang tidak belum pernah tercatat pernah mendapatkan bantuan, seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) ataupun bantuan dari pihak ketiga melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

"Jadi yang benar-benar miss data, bukan yang sudah tercatat tapi menerima lagi. Karena bantuan ini beragam. Terbaru ada 87 ribu orang misbar, tapi dari angka itu sudah sebagian menerima bantuan lain sehingga Pemkot prioritaskan yang tidak ada sama sekali," jelasnya.

Baca Juga: Palembang Zona Oranye, PPKM Level 4 Tetap Tanpa Kelonggaran

2. Pemkot belum menganggarkan bansos

Warga Miskin Penerima Bansos PPKM di Palembang Berdasarkan KriteriaIlustrasi warga miskin menarik gerobak bersama dua anaknya (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Merry mengaku, bansos dari Dinsos melalui keuangan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang belum dianggarkan dan masih mengandalkan bantuan dari pihak ketiga. Namun menurutnya, bukan berarti pemerintah daerah tidak memerhatikan persoalan warga miskin.

"Kita juga menunggu arahan karena dananya belum ada, tapi kita berupaya mengajukan semua kebutuhan misbar dalam distribusi bantuan. Sejauh ini bantuan dominan memang dari pihak ketiga, tapi yang mengurus langsung tanggung jawab pemkot," timpal dia.

3. Wako Palembang sebut bantuan Pemkot tak cuma berupa bansos

Warga Miskin Penerima Bansos PPKM di Palembang Berdasarkan KriteriaWali Kota Palembang, Harnojoyo (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo menjelaskan, Pemkot juga melakukan beberapa hal dalam masa PPKM Level 4. Pihaknya tak cuma mengandalkan program bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi.

"Karena bantuan tidak terkait soal konsumsi saja, dan keselamatan masyarakat bukan hanya dari bansos. Tapi ada hal lain seperti penambahan tempat tidur di rumah atau ruangan isolasi kita sediakan. Nanti kalau banyak yang tertular korona, kan harus kita atasi juga," tandas dia.

Baca Juga: Kematian Ibu Hamil Akibat COVID-19 di Sumsel Naik 3 Persen

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya