Wali Kota Palembang: Masih Ada 38 Ribu Warga Butuh Bantuan

Termasuk sembako dan alat pelindung diri bagi tenaga medis

Palembang, IDN Times - Wali Kota Palembang, Harnojoyo, menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu Pemerintah Kota (Pemkot), dengan memperbanyak kesediaan serta menyalurkan sembako maupun alat pelindung diri (ADP) ke semua warga yang membutuhkan.

"Terima kasih untuk semua pihak baik swasta dan kelompok publik yang mengirimkan bantuan, lewat fraksi partai maupun instansi. Tapi masih ada 38 ribu warga lagi yang harus diberikan bantuan, termasuk masyarakat umum dan tenaga medis," ujarnya usai menerima bantuan terbaru dari Partai Demokrat dan Pempek Beringin, di Rumah Dinas Wali Kota yang dijadikan Posko Induk Penangan COVID-19 Palembang, Rabu (15/4).

1. Anggarkan Rp200 miliar atasi COVID-19

Wali Kota Palembang: Masih Ada 38 Ribu Warga Butuh BantuanKantor Wali Kota Palembang di Jalan Merdeka (IDN Times/Rangga Erfizal)

Pemkot Palembang juga telah menggeser dana sebesar Rp200 miliar, sebagai upaya percepatan penanganan virus corona. Sekretaria Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa menambahkan, Pemkot juga melakukan penganggaran dana untuk COVID-19 dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"Ada 26 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di 18 Kecamatan, pengurangan anggaran di Sekretariat DPRD Kota Palembang dan pengurangan belanja langsung untuk pembayaran hutang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)," kata dia.

Baca Juga: 572 Restoran di Palembang Bebas Pajak, Omzet Maksimal Rp10 Juta 

2. Dana pendidikan dipotong Rp24 miliar

Wali Kota Palembang: Masih Ada 38 Ribu Warga Butuh BantuanSekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dewa menjelaskan, dari anggaran yang terkumpul melalui pergeseran dana di lingkungan Pemkot, OPD dan DPRD Palembang, membuktikan bahwa pihaknya serius menangani kasus pandemi COVID-19.

"Pemotongan anggaran meliputi pergeseran dana dari Dinas Pendidikan sebesar Rp24 miliar, Dinas PUPR Rp78 miliar, Dinas Pera-KP Rp33 miliar, Satpol PP Rp4 miliar, Lingkungan Hidup Rp 11 miliar, dan sisanya dari dinas-dinas lain," jelas dia.

Baca Juga: 17 Ribu Pelanggan PDAM Palembang Gratis Air 2 Bulan

3. DPRD Palembang alokasikan anggaran Rp9,5 miliar

Wali Kota Palembang: Masih Ada 38 Ribu Warga Butuh BantuanKetua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palembang, Zainal Abidin (IDN Times/Dokumen)

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palembang, Zainal Abidin, mengatakan jika legislatif juga mendukung usaha eksekutif dalam menangani penyebaran COVID-19. Pihaknya juga telah mengalokasikan bantuan dari seluruh anggota fraksi di DPRD.

"Kami geser anggaran demi memprioritaskan penanganan pandemi corona berupa uang, sembako maupun APD, yang telah terkumpul hingga Rp9,5 miliar dari hasil rapat anggaran di Sekretariat DPRD Palembang," tandasnya.

Baca Juga: Pendaftar Pra Kerja di Palembang 25 Ribu, Didominasi Karyawan Hotel 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya