Wako Palembang Minta Kajian Lift Jembatan Ampera Lihat Aspek Keamanan

Ia meminta Tim Cagar Budaya terlibat sebelum lift dipasang

Palembang, IDN Times - Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo, menyebut rencana pemasangan lift atau tangga otomatis di Jembatan Ampera masih dikaji. Pemerintah berencana memasang lift agar wistawan bisa naik ke menara jembatan yang dibangun era Presiden Soekarno.

"Secara teknis Pemkot juga meminta BBPJN Sumsel untuk mengkaji lebih rinci soal pemasangan lift," ujarnya, Senin (14/11/2022).

Baca Juga: Jembatan Ampera Palembang Dipasang Lift, Wisatawan Bisa Naik ke Menara

1. Kajian harus memerhatikan kontruksi bangunan

Wako Palembang Minta Kajian Lift Jembatan Ampera Lihat Aspek KeamananJembatan Ampera Palembang saat Idhul Adha 1443 Hijriah (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pengkajian yang dimaksud Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang kepada Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Sumatra Selatan (BBPJN Sumsel) harus melihat kontruksi, dan kondisi Jembatan Ampera lebih rinci agar tidak merusak keaslian bangunan dan keamanan.

"Lebih dikaji ini mengingat keberadaan Jembata Ampera yang sudah lama, takutnya jika dilakukan pemasangan lift kontruksinya tidak kuat," kata dia.

Baca Juga: Jembatan Ampera Akan Dipasang Lift Dinilai Tak Lewati Kajian Akademis

2. Wako Palembang minta tim Cagar Budaya dilibatkan

Wako Palembang Minta Kajian Lift Jembatan Ampera Lihat Aspek KeamananSituasi pinggiran Sungai Musi bawah Jembatan Ampera (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain harus memerhatikan kontruksi bangunan Jembatan Ampera, Harnojoyo berharap pemasangan lift tidak menimbulkan polemik. Apalagi di kalangan Perkumpulan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Palembang.

"Kita harus melibatkan persetujuan mereka untuk penilaian secara akademis, selain fokus memaksimalkan keberadaan dua menara Jembatan Ampera," jelasnya.

3. BBPJN Sumsel pastikan lift di Jembatan Ampera sudah mempertimbangkan berbagai aspek

Wako Palembang Minta Kajian Lift Jembatan Ampera Lihat Aspek KeamananSatker PJN 3 PPK 3.6 Jembatan Khusus BBPJN Wilayah Sumsel, Dicky Romansyah

Menurut Satker Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) 3 PPK 3,6 Jembatan Khusus BBPJN Wilayah Sumsel, Dicky Romansyah, pemasangan lift di Jembatan Ampera sudah melalui proses perencanaan dan melibatkan pembahasan, perhitungan, serta pengkajian Komisi Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ).

KKJTJ merupakan kumpulan para ahli jembatan baik dari unsur akademisi, praktisi, profesional, maupun birokrat yang bertugas mengevaluasi keamanan jembatan dan terowongan jalan, khususnya dari segi desain dan pelaksanaan konstruksi agar memenuhi standar yang berlaku.

"Sudah diperhitungkan dengan mempertimbangan berbagai aspek baik kekuatan struktur, lift akan dites, diuji, dan diperkuat terlebih dahulu pada bagian-bagian tower atau struktur Jembatan Ampera," kata dia.

Baca Juga: 9 Potret Jembatan Ampera, Mirip Golden Gate Bridge di San Fransisco

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya