Vaksin COVID-19 Bagi Anak di Palembang Baru 0,4 Persen 

Orangtua bisa mendaftar vaksin anak melalui online

Palembang, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang telah melaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi anak dan remaja usia minimal 12 tahun sejak 2 Juli lalu. Sudah berjalan sepekan berjalan, namun penyerapan vaksin belum menyentuh 10 persen.

"Dari total sasaran 192 ribu, baru vaksin ada 1.173 anak dan remaja. Jumlah ini artinya baru 0,4 persen," ujar Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Palembang, dr Mirza Susanty kepada IDN Times, Jumat (9/7/2021).

1. Vaksinasi 80 persen syarat utama sekolah tatap muka

Vaksin COVID-19 Bagi Anak di Palembang Baru 0,4 Persen Ilustrasi petugas kesehatan memberikan vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Kendati menarget percepatan vaksinasi COVID-19 bagi anak dan remaja bisa terealisasi segera untuk sekolah tatap muka terlaksana, namun Dinkes Palembang juga tetap melihat serapan vaksinasi dengan ketersediaan dosis .

"Karena syarat utama kegiatan belajar berlangsung masing-masing guru dan siswa sudah vaksin 80 persen, kita kejar target. Tapi untuk percepatan menyesuaikan stok vaksin," kata dia.

Baca Juga: Dinkes Palembang Prioritas Anak dengan Komorbid Menerima Vaksin

2. Dinkes Palembang berkoordinasi dengan Disdik untuk vaksinasi di sekolah

Vaksin COVID-19 Bagi Anak di Palembang Baru 0,4 Persen Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinkes Palembang, dr Mirza Susanty (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Bila pengadaan dosis vaksin belum mencukupi, Dinkes Palembang bakal menunggu distribusi tambahan dari pemerintah pusat sembari berkoordinasi pelaksanaan vaksinasi massal bagi para siswa di sekolah.

"Kalau vaksin sudah datang lagi, nanti kami juga akan kerja sama Dinas pendidikan jelang PTM sekolah diberlakukan," tambahnya.

3. Vaksinasi anak di RSMH Palembang dilakukan tiap Sabtu

Vaksin COVID-19 Bagi Anak di Palembang Baru 0,4 Persen Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Herka Yanis).

Dinkes Palembang juga bekerja sama Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan RSUP Dr. Mohammad Hoesin (RSMH), untuk menggelar penyuntikan vaksin COVID-19 secara massal khusus kalangan remaja dan anak-anak usia 12-18 tahun. 

"Vaksinasi massal akan berlangsung setiap Sabtu di RSMH Palembang. Vaksinasi pertama akan kita lakukan Sabtu (10/7/2022) menarget 1.000 anak, meski belum prioritas tapi kalau mereka datang tetap dilayani," timpal dia.

4. Calon peserta vaksinasi COVID-19 sebaiknya mendaftar online

Vaksin COVID-19 Bagi Anak di Palembang Baru 0,4 Persen Ilustrasi ruang isolasi. IDN Times/Feny Maulia Agustin

Humas RSMH Palembang, Suhaimi menambahkan, calon peserta vaksinasi COVID-19 anak diminta mendaftar online melalui website http://app.rsmh.co.id/vaksin_rsmh.

"Vaksinasi masal khusus anak-anak dan remaja dilakukan di gedung Graha Eksekutif. Pendaftaran bisa dilakukan via online," katanya.

Suhaimi juga mengingatkan, syarat anak dan remaja yang hendak vaksin harus membawa KK, didampingi orangtua dan tidak terpapar COVID-19 dalam tiga bulan terakhir.

Baca Juga: Pengelola Mal di Palembang Pasrah Jam Buka Sampai Pukul 17.00 WIB

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya