UMKM Palembang Diizinkan Berjualan di Car Free Night Sekanak Lambidaro

UMKM yang berjualan terbatas dan tak dipungut biaya 

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mengizinkan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berjualan saat Car Free Night di Sekanak Lambidaro, mulai 2 September 2022 mendatang.

"Car Free Night yang sebelumnya digelar di sepanjang Jalan Sendral Sudirman akan dipindahkan ke Sekanak Lambidaro. Setelah peresmian, UMKM yang ingin berjualan bisa membuka gerai," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa, Senin (29/8/2022).

Baca Juga: Palembang Car Free Night Dibuka Lagi di Sekanak Lambidaro 

1. Pelaku UMKM diminta registrasi karena gerai terbatas

UMKM Palembang Diizinkan Berjualan di Car Free Night Sekanak LambidaroSekretaris Daerah (Sekda) Palembang Ratu Dewa (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Meski telah mengizinkan UMKM membuka lapak, namun Pemkot Palembang meminta agar pelaku usaha meregistrasi terlebih dahulu ke Dinas Pariwisata (Dispar).

"Registrasi atau pendaftaran perlu dilakukan karena lokasi di sana memiliki tempat terbatas. UMKM yang ingin dilibatkan harus melapor ke Dinas Pariwisata atau Dinas UKM dan Koperasi," kata dia.

2. Pemkot Palembang libatkan pelaku UMKM dan seni memeriahkan Car Free Night

UMKM Palembang Diizinkan Berjualan di Car Free Night Sekanak LambidaroRapat Festival Sekanak Lambidaro di Palembang (IDN Times/Kominfo Palembang)

Saat Car Free Night Sekanak Lambidaro beroperasi, Pemkot Palembang akan menampilkan atraksi dengan melibatkan banyak pihak, termasuk seni di bawah tanggung jawab Dispar.

"Kita bakal melibatkan semua komunitas, asosiasi, serta kelompok masyarakat untuk menghidupkan kembali perekonomian lewat berbagai kegiatan," timpalnya.

3. Gerai UMKM tak dipungut biaya

UMKM Palembang Diizinkan Berjualan di Car Free Night Sekanak LambidaroSungai Sekanak Lambidaro Palembang (IDN Times/Dok. Istimewa)

Kepala Dispar Palembang, Sulaiman Amin menambahkan, pembukaan kegiatan Car Free Night menambah tempat rekreasi warga yang akan dikelola dan ditata dengan maksimal.

"UMKM, komunitas, atau pegiat seni yang ingin terlibat, akan diseleksi untuk menempati tenant-tenant yang disediakan. Tak perlu khawatir untuk registrasi karena gratis," jelansya.

4. Car Free Night Sekanak Lambidaro bisa menampung 170 gerai

UMKM Palembang Diizinkan Berjualan di Car Free Night Sekanak LambidaroKepala Dinas Pariwisata Palembang, Sulaiman Amin (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berdasarkan survei petugas Dispar Palembang ke kawasan Car Free Night Sekanak Lambidaro, lokasi di sana bisa menampung hingga 170 gerai dalam satu hari.

"Nanti tenant ini bergilir, karena Car Free Night dilaksanakan pada malam Sabtu dan Minggu, agar semuanya bisa kebagian dan tidak membuat pengunjung bosan," tandas dia.

Baca Juga: Peninggalan Belanda Ini Jadi Spot Olahraga Favorit Warga Palembang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya