Tim DMC Dompet Dhuafa Ikut Padamkan Karhutla di Kebun Raya Sriwijaya

Kirim 7 personel & dua kendaraan taktis lengkap dengan mesin

Palembang, IDN Times - Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa (DD) menurunkan 7 personel untuk membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Sumatera Selatan ( Sumsel), Rabu (18/9).

Penanggungjawab DMC Dompet Dhuafa Bagian Sumatera, Narwan mengatakan, tim mereka menuju lokasi karhutla dengan membawa dua kendaraan taktis Hilux, lengkap dengan mesin, serta fasilitas pemadaman api, dan ambulans lengkap dengan peralatan medis.

Tim DMC terlebih dulu menyambangi Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sumsel dan didampingi Pimpinan Cabang (Pimcab) Dompet Dhuafa Sumatera Selatan Kusworo Nursidik, Lc, guna berkoordinasi terkait titik kebakaran yang terjadi di Sumatera Selatan.

"Rombongan diterima Bidang Penanganan Darurat (BNPB) Ansori, yang langsung mengapresiasi kepedulian DMC Dompet Dhuafa membantu mengurangi karhutla di Sumsel," kata dia. 

Kemudian, tim melanjutkan perjalanan menuju ke Posko BNPB di Kertapati untuk berkoordinasi. Setelah berkoordinasi, dari banyaknya titik api di Sumsel, Narwan memutuskan bakal membantu pemadamam karhutba di Kebun Raya Sriwijaya, di Bakung Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir.

"Kita bantu pemadaman api di Kebun Raya Sriwijaya. Apalagi setelah mendengar dari posko BNPB di Kertapati, kalau semua orang di posko pergi kesana setiap hari membantu pemadaman api," jelas Narwan.

Setelah menempuh perjalanan hampir 1 jam 30 menit, benar saja asap tebal dan pekat yang membuat pernapasan sesak, terasa saat masuk persimpangan Kebun Raya Sriwijaya. Sementara, tim langsung menyiapkan peralatan dan terjun memadamkan karhutla.

DMC Dompet Dhuafa bersama DD Sumsel dan relawan, terus berjibaku menyiram beberapa titik yang dianggap punya potensi kembali menyebab api membesar. Lahan gambut yang terbakar, adanya kanal menjadi tantangan sendiri dari DMC Dompet Dhuafa untuk menjinakkan si jago merah dan mengurangi asap.

Tim menghentikan aksi melawan api dan asap tepat pukul 17.30WIB. Tim pun langsung kembali ke Palembang. Hari ini, Kamis (19/9), tim kembali meluncur ke lokasi pukul 05.00 WIB, untuk bergabung bersama petugas BNPB Sumsel membantu pemadaman api yang menjadi wilayah tugas mereka.

"Kita hari ini kembali turun ke Kebun Raya Sriwijaya, karena kemarin api tampak mulai menyala lagi. Setelah ini tim akan berangkat ke Jambi dan Riau membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan," tandasnya.

Baca Juga: Polda Sumsel Tetapkan 23 Tersangka Karhutla, Termasuk dari Korporasi 

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya