Tahun 2020, PT SP2J Targetkan Jargas Palembang Capai 9.000 Sambungan 

PT SP2J ajukan pinjaman ke pemkot sebesar Rp28 miliar 

Palembang, IDN Times - Direktur Umum PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J), Ahmad Nopan menyatakan, pihaknya menargetkan tahun 2020 nanti sambungan rumah tangga (SR) jaringan gas (jargas) bumi melalui bantuan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menjadi 9.000 sambungan. 

"Saat ini sudah ada 7.000 sambungan yang kita kelola, untuk 2020 nanti ditargetkan bertambah menjadi 9.000. Target awal pemasangan kami lakukan di area Poligon sebanyak 500 SR jaringan gas bumi. Saat ini, dari 107 kelurahan, sudah ada 14 kelurahan yang berjalan," ujar Nopan, usai launching Pembayaran Jargas PT. SP2J Melalui Bank Sumsel Babel dan Faspay Alfamart, Senin (14/10).

1. PT SP2J ajukan dana bantuan ke Pemkot Palembang sebesar Rp28 miliar

Tahun 2020, PT SP2J Targetkan Jargas Palembang Capai 9.000 Sambungan IDN Times/Feny Maulia Agustin

Nopan mengungkapkan, sambungan rumah tangga jaringan gas bumi yang telah dikelola PT SP2J ada di Kelurahan Lorok Pakjo, Siring Agung, Demang Lebar Daun, Srijaya, 20 Ilir D IV, Bukit Lama, Karang Jaya, Karang Baru, Talang Kelapa, Kemang Manis, Talang Aman, Suka Jaya, Suka Bangun dan Bukit Baru.

"Dana dari bantuan Pemkot Palembang sebesar Rp21 miliar sudah kita maksimalkan dengan pengelolaan sambungan jargas di wilayah tersebut. Selanjutnya kembali mengajukan dana bantuan di tahun depan sebesar Rp28 miliar,"ungkap dia.

2. Pemkot permudah fasilitas pembayaran gas rumah tangga

Tahun 2020, PT SP2J Targetkan Jargas Palembang Capai 9.000 Sambungan IDN Times/Feny Maulia Agustin

Nopan melanjutkan, kesuksesan program gas bumi untuk rumah tangga ini tidak terlepas dari partisipasi masyarakat sebagai pelanggan. Atas dasar itulah, Pemkot Palembang  turut membantu memberikan fasilitas tagihan pembayaran secara mudah.

"Sekarang pembayaran tagihan pemakaian sambungan gas rumah tangga jaringan gas bumi ini lebih gampang. Karena Pemkot Palembang memfasilitasi pelayanan lewat Bank Sumsel dan faspay melalui Alfamart," ujar dia.

3. Bank Sumsel Babel dukung program kemudahan masyarakat untuk bertransaksi

Tahun 2020, PT SP2J Targetkan Jargas Palembang Capai 9.000 Sambungan IDN Times/Feny Maulia Agustin

Direktur Utama Bank Sumsel Babel, Achmad Syamsudin mengatakan, sebagai Bank pembangunan daerah (BPD), tentu pihaknya mendukung program yang memudahkan masyarakat dalam bertransaksi.

"Ini (pembayaran tagihan jargas) salah satu bentuk fasilitas yang kami sediakan untuk bisa membuat masyarakat lebih nyaman untuk membayar," katanya.

Achmad melanjutkan, pelanggan jargas nantinya dapat melakukan pembayaran baik melalui mesin ATM, maupun mobile banking yang disediakan Bank Sumsel Babel.

"Ini sebagai billing aggregator pembayaran jargas SP2J, jadi pelanggan tidak perlu mengantri pada loket-loket Jargas SP2J," kata dia.

Baca Juga: Udara Palembang Sangat Berbahaya, Harnojoyo: Ini Kesalahan Kita!

4. penggunaan sambungan rumah tangga jaringan gas bumi lebih mudah dari tabung gas

Tahun 2020, PT SP2J Targetkan Jargas Palembang Capai 9.000 Sambungan IDN Times/Feny Maulia Agustin

Sementara, Wali Kota Palembang, Harnojoyo menuturkan, dengan adanya saluran baru ini maka masyarakat diimbau untuk disiplin membayar tagihan. 

"Pemakaian gas bumi ini bisa memberi lebih banyak kemudahan ketimbang penggunaan tabung elpiji. Kalau pakai jargas tidak repot baik dari segi pemakaiannya dan sekarang juga dari pembayarannya bisa di mana saja," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya