Sempat Ditentang, Lift untuk Jembatan Ampera Tiba 18 Desember 2022

Lift pertama dipasang di menara sisi Hilir Jembatan Ampera

Palembang, IDN Times - Rencana pemasangan lift atau tangga otomatis di Jembatan Ampera Palembang, tampaknya matang dilakukan pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menurut Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (Satker P2JN) 3 PPK 3,6 Jembatan Khusus BBPJN Wilayah Sumsel, Dicky Romansyah, perencanaan pemasangan lift sudah berjalan sejak Agustus 2022.

"Sekarang sedang menunggu pengiriman lift ke Palembang, dan perkiraannya tiba pada 18 Desember 2022 ini," ujarnya, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga: Pemasangan Lift di Jembatan Ampera Disebut Merusak Landmark Kota

1. Pemasangan lift di Jembatan Ampera inisiasi Kementerian PUPR

Sempat Ditentang, Lift untuk Jembatan Ampera Tiba 18 Desember 2022instagram.com/indrakurniawan989

Meski pemasangan lift di Jembatan Ampera Palembang mendapatkan berbagai kritikan dan komentar dari sejumlah pihak, Dicky memastikan dirinya mengikuti intruksi dari pusat.

"Dalam hal ini saya hanya menjalankan tugas, yakni bertanggung jawab terhadap pembangunan lift. Terkait kebijakan, semua inisiasi dari Kementerian PUPR," kata dia.

Baca Juga: Wako dan Wawako Palembang Beda Pendapat Soal Lift di Jembatan Ampera

2. Masyarakat bisa melihat pemandangan dari ketinggian 50 meter

Sempat Ditentang, Lift untuk Jembatan Ampera Tiba 18 Desember 2022Instagram.com/attarghifari

Pemasangan lift di Jembatan Ampera Palembang akan dilakukan bertahap. Yakni pemasangan pertama dan kedua, karena dua lift sudah dipersiapkan untuk mengantar masyarakat ke lantai atas dari ketinggian 50 meter.

"Proses pemasangannya memerlukan waktu dua minggu," timpalnya.

3. Menara sisi hilir dipasang lift pertama

Sempat Ditentang, Lift untuk Jembatan Ampera Tiba 18 Desember 2022Situasi di atas Jembatan Ampera Kota Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sesuai perencanaan, pemasangan awal tahun ini hanya satu lift di menara sisi hilir. Sedangkan pemasangan selanjutnya dilakukan di menara sisi Ulu pada tahun depan.

"Masyarakat nantinya bisa melihat indahnya kota dari atas Jembatan Ampera, dengan jumlah pengunjung yang mau naik ke atas diatur dan dibatasi," jelas dia.

4. Struktur Jembatan Ampera sudah dikuatkan

Sempat Ditentang, Lift untuk Jembatan Ampera Tiba 18 Desember 2022Jembatan Ampera (instagram.com/paramiswari)

Dicky menegaskan, pemasangan lift di Jembatan Ampera Palembang sudah melalui observasi dan penilaian kekuatan konstruksi bangunan. Pihaknya memastikan telah dilakukan penguatan struktur agar kuat menahan beban.

"Sebelum lift dipasang sudah dilakukan perkuatan struktur terhadap struktur bawah jembatan, struktur penunjang lift dan bagian lantai atas menara. Untuk lift-nya juga melalui proses pabrikasi dan kalibrasi," katanya.

Baca Juga: Disbudpar Sumsel Tolak Lift Jembatan Ampera; Jangan Seperti Cinde

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya