Renovasi Stadion Gelora Sriwijaya Palembang Tunggu Arahan FIFA

Venue Piala Dunia U20 Tahun 2021

Palembang, IDN Times -Fasilitas dan infrastruktur yang ada di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, yang masuk 10 nominasi venue pada Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang belum di renovasi secara menyeluruh.

Menurut Sekretaris PT Jakabaring Sport City (JSC), Mirza Mursalin, hingga saat ini pihaknya belum menerima surat resmi dari PSSI terkait perbaikan venue Stadion Gelora Sriwijaya.

"Surat memang belum ada, tapi kita harus terus meng-update, melihat situasi dan tinggal menunggu. Secara perlahan kita berbenah, paling utama rumput. Namun, untuk perbaikan yang lebih mendetail belum bisa kita lakukan. Karena belum mengetahui standar yang diberikan FIFA," ujar Mirza kepada IDN Times Senin (28/10).

1. Tunggu arahan technical delegate FIFA untuk merenovasi menyeluruh Stadion Gelora Sriwijaya

Renovasi Stadion Gelora Sriwijaya Palembang Tunggu Arahan FIFAKondisi rumput lapangan Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang(IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Mirza melanjutkan, Stadion Gelora Sriwijaya sudah memiliki infrastruktur internasional, namun tetap saja layak atau tidaknya tergantung dari keputusan technical delegate FIFA.

"Sebelum ada technical delegate, tidak bisa langsung berbenah. Semua instruksi melalui keputusan technical delegate yang memiliki otoritas layak atau tidak. Tidak sesuai standar, langsung kita upayakan," ujar dia.

Mirza mencontohkan, rumput yang dimiliki lapangan Stadion Gelora Sriwijaya saat ini sudah berkualitas. Namun, memang membutuhkan stimulan. Pihaknya juga secara rutin telah memberi pupuk untuk pemeliharaan rumput. 

"Rumput Stadion Gelora Sriwijaya ini ditanam dengan teknik khusus di dasar tanah, dengan tinggi sekitar 3 cm dari atas permukaan tanah. Kita menerapkan sistem taman lebih rapat, dengan metode yang hampir sama dengan penanaman padi, yakni secara tanam lurus satu baris maju beriringan," sambung dia.

2. Data kerusakan single seat Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring

Renovasi Stadion Gelora Sriwijaya Palembang Tunggu Arahan FIFASekretaris PT Jakabaring Sport City (JSC), Mirza Mursalin (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kemudian, jelas MIrza, sesuai regulasi FIFA, Stadion Gelora Sriwijaya juga sudah memenuhi fasilitas single seat dengan total kapasitas sekitar 23.000. Mulai dari VVIP dan VIP 4.196 kursi, Tribun Barat Atas 6.218 kursi, Trinbun Timur 6.524 kursi, Tribun autara 3.027 kursi dan Tribun Selatan 3.035 kursi.

"Memang ada kerusakan single seat pada beberapa tribun, itu sudah kita inventarisir. Tetapi, kembali lagi perbaikan kita mulai setelah menerima technical delegate," jelas dia.

3. Pembenahan tahap awal Stadion Gelora Sriwijaya lebih kepada non fisik

Renovasi Stadion Gelora Sriwijaya Palembang Tunggu Arahan FIFABeberapa kursi di Tribun Selatan Stadion Gelora Sriwijaya yang rusak(IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sementara, Direktur Operasional PT JSC, Bambang Supriyanto mengatakan, walau belum melakukan pembenahan yang signifikan, namun Stadion Gelora Sriwijaya sudah punya pengalaman untuk menggelar even-even internasional. Seperti Sea Games, Islamic Solidarity Games (ISG) dan terakhir Asian Games.

"Baru mulai pembenahan, tetapi belum terlalu signifikan. Karena semua fasilitas yang ada di Stadion Gelora Sriwijaya semuanya terbilang layak" jelas dia.

Untuk awal ini, manajemen JSC mempersiapkan perbaikan seperti pengecatan, pemerataan taman dan rumput. "Kemudian untuk fisik, seperti bangku bangku stadion saat ini tim sudah berjalan melakukan perbaikan di stadion," ujar dia.

Baca Juga: Manahan Venue Piala Dunia U20, Pemkot Siapkan 5 Lapangan Pendukung

4. Manjemen JSC siapkan 4 lapangan pendukung penunjang pelaksanaan Piala Dunia U-20 di Stadion Gelora Sriwijaya

Renovasi Stadion Gelora Sriwijaya Palembang Tunggu Arahan FIFAKondisi Tribun Utara Stadion Gelora Sriwijaya (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Bambang melanjutkan, pihaknya juga mempersiapkan beberapa lapangan pendukung untuk mengalokasikan tim akan bermain di Stadion Gelora Sriwijaya pada Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

"Kita siapkan fasilitas lapangan latihan. Walau kita tidak tahu berapa negara yang akan bermain di sini. Ada empat lapangan yang sudah siap, yakni di venue atletik dalam dan atletik luar, serta lapangan baseball dan sofball. Kita juga akan meng-upgrade fasilitas ruang ganti, toilet dan rumput, itu juga menjadi kendala, sembari melihat petunjuk dari tim verifikasi FIFA," tandas dia.

Sebelumnya, FIFA secara resmi mengumumkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021. Hal ini disampaikan langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino, dalam FIFA Council Meeting di Shanghai, China, Kamis (24/10) lalu.

Adapun sepuluh stadion yang ditunjuk sebagai penyelenggara, diantaranya adalah Gelora Bung Karno (Jakarta), Pakansari (Bogor), Manahan (Solo), I Wayan Dipta (Bali), Mandala Krida (Yogyakarta), Jakabaring (Palembang), Wibawa Mukti (Cikarang), Patriot (Bekasi), Jalak Harupat (Bandung) dan Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya