PUPR Bantu Rp50 Miliar Bebaskan Lahan Underpass Simpang Charitas

Dibutuhkan Rp80 miliar untuk bebaskan lahan proyek tersebut

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Badan Perencanaan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan (Bappeda Litbang), bakal menerima dana tambahan dari pemerintah pusat untuk proyek pembangunan underpass Simpang Charitas.

"Kita mendapat bantuan langsung berupa pembebasan lahan dari Kementerian PUPR, nilainya mencapai Rp50 miliar," ujar Kepala Bappeda Litbang Palembang, Harrey Hadi, Jumat (17/12/2021).

1. Dana pembebasan lahan underpass Simpang Charitas sekitar Rp80 miliar

PUPR Bantu Rp50 Miliar Bebaskan Lahan Underpass Simpang CharitasPenyangga titik lokasi pembangunan infrastruktur Underpass Charitas Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Bantuan dana yang bakal diterima Pemkot Palembang merupakan langkah percepatan program prioritas pembangunan infrastruktur daerah 2022. Termasuk upaya kesiapan clear and clean lahan yang akan terkena dampak dari pembangunan underpass Simpang Charitas.

"Nilai pembebasan lahan untuk pembangunan underpass Charitas berkisar Rp80 Miliar. Tapi nilai ini akan dibagi dulu dengan Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang, ditambah dengan dana bantuan dari pusat," kata dia.

Baca Juga: 80 Ruko Kena Pembebasan Lahan Underpass Charitas Palembang

2. Halaman kantor Bank Indonesia bakal terdampak pembangunan

PUPR Bantu Rp50 Miliar Bebaskan Lahan Underpass Simpang CharitasKantor Wali Kota Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dari data sebelumnya, underpass Simpang Charitas bakal memiliki panjang total hingga 300 meter. Beberapa bangunan dan lahan yang berada di kawasan sekitar seperti Bank Indonesia (BI) serta ruko-ruko, terkena dampak pembangunan.

"Untuk BI dampaknya perkiraan kita hanya mengenai halaman kantor saja," timpalnya.

Baca Juga: Sembari Cek Tanah, Underpass Charitas Palembang Finalisasi DED

3. Underpass Simpang Charitas ditarget tuntas tahun 2023

PUPR Bantu Rp50 Miliar Bebaskan Lahan Underpass Simpang CharitasRapat Pembebasan Lahan Underpass Charitas Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sementara terkait studi kelayakan pengerjaan underpass Simpang Charitas Palembang yang berada di dua kelurahan, Sei Pangeran dan 20 Ilir D1, sudah dilakukan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V Palembang sejak 2016.

"Rencana pembangunan sudah dari beberapa tahun lalu. Tapi karena prosesnya panjang, pengerjaan mulai tahun depan dan target beroperasi tahun 2023 harus sudah selesai," tandas dia.

Baca Juga: Flyover Sekip Hingga Underpass Charitas, Rencana Proyek Palembang 2021

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya