Pemkot Usul Talang Jambe dan Tegal Binangun Masuk Wilayah Palembang

Pemprov dan Kemendagri utus tim verifikasi lapangan

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berencana mengajukan perluasan wilayah untuk dua daerah, yakni di kawasan Talang Jambe dan Tegal Binangun, Jakabaring.

"Pengajuan ini tinggal dilakukan verifikasi," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa, Selasa (15/6/2021).

1. Pemkot Palembang masih tunggu persetujuan

Pemkot Usul Talang Jambe dan Tegal Binangun Masuk Wilayah PalembangRTH Palembang di kawasan Benteng Kuto Besak (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Meski rencana pengajuan dua daerah itu dalam tahap menunggu verifikasi, namun pihaknya belum mengetahui pasti apakah nanti disetujui atau tidak.

"Kami tidak tahu apakah nantinya akan menggunakan regulasi lama atau tidak," kata dia.

Baca Juga: Cintanya Ditolak, Pria di Belitang Siram Air Keras ke Wajah Guru TK

2. Masih harus menegaskan batas wilayah antara Banyuasin dengan Palembang

Pemkot Usul Talang Jambe dan Tegal Binangun Masuk Wilayah PalembangSituasi di atas Jembatan Ampera Kota Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkot Palembang, Faizal AR melanjutkan, tim verifikasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah datang untuk memeriksa lapangan.

"Tapi ada beberapa segmen yang masih belum dapat diselesaikan, terutama antara Banyuasin dan Palembang," ungkapnya.

3. Talang Jambe dan Tegal Binangun daerah perluasan Kabupaten Banyuasin

Pemkot Usul Talang Jambe dan Tegal Binangun Masuk Wilayah PalembangSuasana kota Palembang di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) saat corona mewabah (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Rencana perluasan wilayah ini sambung Faizal, masih harus melewati musyawarah dan koordinasikan secara merinci. Sehingga dari regulasi yang berlaku, layanan fasilitas bisa memisahkan kesinambungan dua daerah.

"Dahulu, Talang Jambe dan Tegal Binangun merupakan wilayah Musi Banyuasin sehingga warga sana meminta pelayanan ke Palembang seperti sekolah, puskesmas, dan lain sebagainya," tandas dia.

Baca Juga: Tak Ingin Seperti Kudus, Sumsel Perpanjang PPKM Mikro

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya