Comscore Tracker

Pemkot Palembang Minta Warga Tak Membangun di Pinggiran Sungai

Langkah optimalisasi fungsi anak sungai

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalaui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang atau PUPR, meminta warga agar tidak melakukan pembangunan di pinggiran sungai. Terutama di kawasan Sekanak, Kertapati dan Plaju.

"Kita mencoba mengoptimalkan fungsi anak sungai sebagai antisipasi luapan air dan banjir saat turun hujan," ujar Kepala Dinas PUPR Palembang, Akhmad Bustari Yusak, Senin (9/11/2020).

1. Imbau tidak ada pembangunan dalam jarak minimal lima meter

Pemkot Palembang Minta Warga Tak Membangun di Pinggiran SungaiIlustrasi Sungai Sekanak di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ia mengatakan, langkah tersebut dilakukan Pemkot Palembag sebagai antisipasi atau menekan genangan air supaya tidak terjadi banjir. Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mengganggu siring di sepanjang pinggiran sungai.

"Saya harap masyarakat tidak membangun di sepanjang pinggiran sungai dengan minimal berjarak lima meter, apalagi membuang sampah sembarang yang memungkinkan bisa menyumbat saluran air," kata dia.

Baca Juga: 21 Anak Sungai Musi Alami Pendangkalan Akibat Limbah Rumah Tangga

2. Dinas PUPR komitmen memelihara sungai

Pemkot Palembang Minta Warga Tak Membangun di Pinggiran SungaiKepala Dinas PUPR Palembang, Ahmad Bastari Yusak (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain meminta masyarakat bekerja sama membantu program Pemkot Palembang dalam mengurangi permasalahan banjir, Dinas PUPR juga berkomitmen memelihara sungai, anak-anak sungai, dan rute saluran air.

Termasuk perawatan kolam-kolam retensi sebagai resapan, atau memaksimalkan pompa yang akan mengendalikan luapan apabila terjadi pasang maupun hujan deras.

"Upaya ini berkaitan dengan beroperasinya pompa di Sungai Bendung yang sudah megurangi luapan air di 17 titik. Selanjutnya, kita akan membangun pompa di Sungai Buah, Sungai Sekanak Labidaro dan Sungai Kedukan," jelasnya.

3. BMKG Sumsel prakirakan potensi hujan di Palembang

Pemkot Palembang Minta Warga Tak Membangun di Pinggiran SungaiIlustrasi jalan di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Koordinator BMKG Sumsel Stasiun Klimatologi Kelas I Palembang, Nuga Putrantijo menambahkann, prakiraan cuaca di Palembang pada pagi hari menunjukkan cerah dan berawan. Namun menuju siang hingga sore, cuaca berpotensi hujan sedang sampai lebat.

"Kemungkinan ada angin ketika hujan turun. Potensi hujan prakiraan kita sampai malam hari dengan suhu sekitar 24–31 derajat selcius dan kelembaban udara 60-98 persen," tandas dia.

Baca Juga: Intensitas Hujan Meningkat, Sumsel Waspadai Dataran Rendah dan Tinggi

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya