Pemeliharaan Rutin, Listrik Beberapa Rumah di Palembang Padam

Masyarakat bisa telepon (0711) 123 untuk pengaduan

Palembang, IDN Times - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Palembang mulai melaksanakan pemeliharaan rutin bergilir, sebagai upaya peningkatan jaringan dan suplai listrik kepada masyarakat. Akibatnya, sejumlah wilayah bakal mengalami pemadaman bergilir.

"Kalau ada pemadaman artinya ada pemeliharaan. Sehingga jika mati lampu berarti ada yang perlu diperbaiki," ujar Asisten Manajer Contact Center PLN, Wahyu Hadi Perdana kepada IDN Times, Senin (28/6/2021).

1. Pemeliharaan listrik untuk menekan perluasan kerusakan aliran

Pemeliharaan Rutin, Listrik Beberapa Rumah di Palembang PadamKantor PLN Palembang di Jalan Kapten A Rivai (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sebelumnya, warga Palembang sempat mengeluhkan pemadaman listrik di sekitar kawasan Seberang Ulu seperti di Plaju. Apalagi lamanya pemadaman mencapai hingga delapan jam.

Menurut Wahyu, jika satu wilayah terjadi padam listrik dalam skala besar dan tidak hanya untuk beberapa rumah saja, artinya PLN sedang meriset ulang ketersediaan listrik.

"Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kerusakan berat dan meluas ke area yang tidak terdampak," kata dia.

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Aplikasi PLN Mobile: Terangi Negeri untuk Indonesia

2. Maksimal pemeliharaan listrik umumnya berlangsung selama tiga jam

Pemeliharaan Rutin, Listrik Beberapa Rumah di Palembang PadamPemeliharaan jaringan listrik (Dokumen PLN)

Ia meminta masyarakat yang mengalami masalah pemadaman listrik dengan waktu cukup lama, silakan menghubungi nomor aduan atau kontak customer service yang bisa dilakukan melalui aplikasi mobile PLN.

"Tujuan riset listrik untuk menyuplai kebutuhan dengan waktu paling maksimal hingga tiga jam. Jika lebih, silakan melapor dan akan diperiksa petugas," timpalnya.

3. PLN upayakan pemeliharaan listrik tanpa pemadaman

Pemeliharaan Rutin, Listrik Beberapa Rumah di Palembang PadamIlustrasi listrik (ANTARA FOTO/Rahmad)

Meski sedang pemeliharaan, PLN Palembang mengaku berusaha agar sebagian pekerjaan pemeliharaan bisa dilaksanakan dengan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB). Sehingga saat pekerjaan, listrik di rumah warga masih dalam keadaan menyala.

"Pemeliharaan ini Ibarat kendaraan yang tune up. Pemeliharaan berkala rutin dilakukan hampir setiap hari di seluruh wilayah di Palembang," tandas dia.

Baca Juga: PLN Sumbagsel Sebut Pengaduan Keluhan Kurang dari 10 Persen

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya