Pelaku Pemerkosaan Mahasiswi di OKU Tewas Ditembak Polisi

Pelarian Sangkut selama 29 hari akhirnya terhenti 

Ogan Komering Ulu, IDN Times - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Ogan Komering Ulu (OKU) menembak mati Sangkut (40), tersangka kasus pemerkosaan dan perampokan terhadap seorang mahasiswi berinisial D (22). Pelaku yang sudah buron selama 29 hari itu, memerkosa dan merampok mahasiswi di rumahnya, Sabtu (29/1/2022) lalu.

"Pelaku dikenal licin karena selalu berpindah-pindah. Awalnya petugas melakukan penyelidikan mencari Sangkut. Setelah tahu lokasi pelaku, kami langsung menggerebeknya di Kecamatan Peninjauan, Kamis (24/2/2022) malam," ujar Kapolres OKU, AKBP Danu Purnomo, Jumat (25/2/2022).

1. Pelaku ternyata sudah terlibat 11 tindak kejahatan

Pelaku Pemerkosaan Mahasiswi di OKU Tewas Ditembak PolisiIlustrasi maling (IDN Times/Sukma Shakti)

Saat penggerebekan berlangsung, tersangka sempat melawan dengan mengeluarkan senjata api rakitan. Polisi pun mengeluarkan tembakan hingga mengenai tersangka. Tak hanya Sangkut, petugas juga menangkap rekannya Endika Refli alias Andi Gerandong (42), pelaku lain yang bertugas menjaga situasi saat kejadian.

"Hasil penyelidikan, tersangka Sangkut sudah terlibat 11 tindak kejahatan. Dia terpaksa kami tembak mati karena mencoba melawan ketika ditangkap. Ada satu tersangka lagi inisial LU masih dalam pengejaran. Dia juga ikut terlibat dalam perampokan, ”ujarnya.

Baca Juga: Mahasiswi di OKU Sumsel Diperkosa Perampok di Rumahnya

2. Jenazah pelaku sudah diserahkan kepada pihak keluarga

Pelaku Pemerkosaan Mahasiswi di OKU Tewas Ditembak PolisiIlustrasi penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Jenazah Sangkut sudah diserahkan polisi kepada pihak keluarga untuk dimakamkan. Danu mengimbau kepada LU agar segera menyerahkan diri sebelum diberikan tindakan tegas.

“Sekarang kami masih melakukan pengembangan terhadap tersangka Andi yang merupakan kawanan sangkut," kata dia.

Baca Juga: Satlantas Polres Muba Urunan Tampal Jalan di Jalinteng

3. Korban terpaksa mengikuti permintaan pelaku karena takut ditembak

Pelaku Pemerkosaan Mahasiswi di OKU Tewas Ditembak PolisiIlustrasi Kriminalitas (IDN Times/Mardya Shakti)

Berita sebelumnya, aksi perampokan dan pemerkosaan yang dialami mahasisiwi berinsial D (22), warga Kecamatan Baturaja Timur, OKU, diketahui setelah korban membuat laporan di Polres OKU.

Kejadian itu berlangsung pada 29 Januari 2022 sekitar pukul 02.00 WIB. Pelaku diduga masuk ke rumah korban melalui pintu kamar jendala belakang yang dicungkil, dan mematikan lampu agar tak dicurigai.

Korban yang tak sadar dengan keberadaan pelaku, seketika terkejut saat masuk kamar. Korban langsung ditodong menggunakan senjata api rakitan.

"Karena ketakutan, korban menyerahkan barang-barangnya berupa satu unit laptop dan handphone. Setelah itu pelaku juga minta dilayani. Karena takut ditembak, korban terpaksa menuruti permintaan pelaku," kata Danu, Senin (31/1/2022).

Baca Juga: Catat, 22 Polsek di Sumsel Tak Lagi Tangani Kasus Kriminal

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya