Pasang CCTV Sistem ATCS, Wawako Palembang: Bisa Membuat Efek Jera

CCTV Sistem ATCS dipasang di 15 persimpangan Kota Palembang

Palembang, IDN Times -Pemasangan CCTV yang baru dibuat Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang saat ini, sudah terkoneksi ke Area Trafic Control Sistem (ATCS) dan dipusatkan ke Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Palembang.

"Setidaknya ada 15 titik di simpang lampu merah yang telah dipasang. CCTV ini berfungsi untuk mengintai dan memantau pengendara yang melanggar lalul intas," jelas Sekretaris Dishub Palembang, Agus Supriyanto, Rabu (13/11).

1. Tahun 2020 bakal tambah CCTV untuk 13 titik lagi

Pasang CCTV Sistem ATCS, Wawako Palembang: Bisa Membuat Efek JeraIDN Times/Feny Maulia Agustin

Agus mengungkapkan, pemasangan 15 CCTV itu berada di Simpang Bandara, Simpang Tanjung Api-api, Simpang Angkatan 45, Simpang 5 DPRD Sumsel, Simpang Macan Lindungan, Simpang Charitas, Simpang Jakabaring, Simpang Soekarno Hatta, dan titik lainnya. 

"Insyaallah tahun 2020 akan ditambah lagi 13 titik yang terkoneksi, sehingga total ada 28 titik nantinya," ungkap dia.

2. Stakeholder terkait harus manfaatkan CCTV dengan maksimal

Pasang CCTV Sistem ATCS, Wawako Palembang: Bisa Membuat Efek JeraRapat sosialisasi CCTV sistem ATCS di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sementara, Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustinda menuturkan, dengan dipasangnya CCTV yang terkoneksi langsung ke sistem ATCS, diharapkan bisa dipergunakan secara maksimal untuk penertiban lalu lintas kota.

"Sederhananya, bisa tahu yang parkir sembarangan dan segera kita tertibkan. Kemudian, kalau ada aksi kriminalitas di jalan bisa kita cek jejak yang melewati jalan, kita usahakan semua stakeholder terkait bisa memanfaatkan CCTV dengan maksimal," tutur dia.

Baca Juga: Ini Tempat Kongkow Remaja Palembang Era 90-an, Pernah ke Pempek Unyil?

3. Sistem CCTV ACTS diharap bisa mengatasi pelanggaran dan menertibkan lalu lintas

Pasang CCTV Sistem ATCS, Wawako Palembang: Bisa Membuat Efek JeraWakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda (IDN Times/Feny Maulia Agustinda)

Fitrianti melanjutkan, karena CCTV baru ini telah menggunakan sistem ACTS dan bisa langsung menegur para pengendara yang melanggar lalu lintas, dia berharap bisa membantu mengurangi angka pelanggaran di jalan.

"Khususnya di simpang lampu merah, pengendara akan malu kalau ditegur karena melanggar, apalagi wajahnya sampai masuk CCTV, sehingga bisa membuat efek jera," kata dia.

Wanita yang akrab disapa Finda itu menambahkan, ACTS ini bisa disosialisasikan dengan maksimal ke masyarakat.

"Bila perlu buat sesi live saat tim ATCS bekerja, saat tim ATCS memberikan teguran langsung kepada para pelanggar lalu lintas, agar bisa disaksikan langsung oleh masyarakat secara live itu," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya