Palembang Kembali Zona Merah, Harnojoyo Minta Warga Hindari Kerumunan

Melalui diskusi bersama Gugus Tugas COVID-19

Palembang, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut Palembang kembali menjadi zona merah, atau paling berisiko terhadap penyebaran COVID-19. Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo mengatakan, dirinya menerima informasi tersebut usai melakukan rapat koordinasi percepatan penanganan COVID-19 melalui konferensi video bersama Panglima TNI dan Kapolri.

"Baru tadi rapat bersama panglima dan yang lain terkait COVID-19, mereka minta kita (Pemda) mengedukasi terus karena obat belum ditemukan. Jadi kesadaran kolektif yang paling penting," ujarnya di Rumah Dinas Wako Palembang, Jumat (24/7/2020).

1. TNI dan Polri bakal sosialisasi persuasif turun ke lapangan

Palembang Kembali Zona Merah, Harnojoyo Minta Warga Hindari KerumunanIlustrasi rapid test (Dok.IDN Times)

Setelah melakukan koordinasi, kata Harnojoyo, pihaknya akan melibatkan TNI dan Polri turun ke lapangan dan mengingatkan warga secara persuasif melalui sosialisasi, agar warga kian sadar dan membantu menekan penyebaran COVID-19.

"Sekarang ini perkembangan (COVID-19) fluktuatif, kemarin kita oranye dan sekarang infonya merah. Virus ini datang dan pergi, mari kita hindari tempat kerumunan sebagai langkah penurunan. Karena sekarang penularan tidak lagi hanya droplet tapi melalui udara," kata dia.

Baca Juga: Warga Sumsel Lupa Pakai Masker, Siap-siap Didenda Uang

2. Pernyataan resmi zona merah dari Pemkot mesti melalui diskusi lanjutan

Palembang Kembali Zona Merah, Harnojoyo Minta Warga Hindari KerumunanKantor Wali Kota Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang, Fitirianti Agustinda atau Finda mengakui, Pemkot belum mengumumkan status zona merah palembang karena masih harus berdiskusi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Gugus Tugas COVID-19, terkait penentuan langkah selanjutnya.

"Mengenai PSBB kembali atau tetap penegakkan protokol kesehatan harus evaluasi dengan Gugus Tugas. Kita belum memutuskan apa langkahnya. Saat ini baru rekomendasi pusat, karena hasil analisa sudah zona merah. Tapi apapun itu, penekanan penyebaran (COVID-19) kembali ke masyarakat," sebutnya.

3. Fitri berharap Palembang segera menerapkan new normal

Palembang Kembali Zona Merah, Harnojoyo Minta Warga Hindari KerumunanWakil Wali Kota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustinda (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Finda berharap semua pihak bisa bekerja sama saling mendukung mengurangi penularan COVID-19. Menurutnya, warga Palembang sudah banyak beraktivitas normal di luar rumah.

"Tidak apa-apa beraktivitas yang penting pakai masker, karena cara mengurangi penyebaran dengan cara itu. Kita bersama hilangkan COVID-19 hingga ke zona hijau dan new normal," tandas dia.

Baca Juga: Kabar Baik, Pemutihan Pajak Kendaraan di Sumsel Mulai 1 Agustus 2020 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya