PAD Ditarget Rp60 M, Dinas Pariwisata Palembang Gandeng Konten Kreator

Wacanakan program baru untuk merealisasikan target

Palembang, IDN Times - Kepala Dinas Pariwisata Palembang, Isnaini Madani menyampaikan, pihaknya diberi target pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp60 miliar untuk tahun 2020 ini.

Satu cara untuk merealisasikan target tersebut, sambung dia, dengan merencanakan gebrakan program baru.

"Angka tersebut bukanlah kecil. Untuk mencapai target itu, salah satunya dengan mendatangkan wisatawan ke Palembang, dengan mencoba melibatkan konten kreator," ujar dia, Kamis (16/1).

1. Memanfaatkan kalender even yang telah disusun Pemkot Palembang

PAD Ditarget Rp60 M, Dinas Pariwisata Palembang Gandeng Konten KreatorSuasana Kota Palembang di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Isnaini mengungkapkan, pihaknya juga akan memanfaatkan kalender even yang sudah ada untuk mempromosikan kota, agar para pengunjung ikut mendongkrak tingkat wisatawan ke Palembang.

"Saat ini kita sedang mencari konten kreator yang mau membantu mempromosikan potensi pariwisata. Apalagi sudah ada 100 even yang bakal dilaksanakan sepanjang tahun ini," ungkap dia.

2. Dinas Pariwisata Palembang buka bagi para konten kreator untuk bergabung

PAD Ditarget Rp60 M, Dinas Pariwisata Palembang Gandeng Konten KreatorJembatan Ampera Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Isnaini menerangkan, untuk saat ini sudah ada 49 channel konten kreator yang tergabung dalam komunitas Dinas Pariwisata Palembang. Namun masih akan di data lagi, karena pelibatan konten kreator ini terbuka untuk umum. 

"Silakan tunjukkan melalui instagram dinas pariwisata atau langsung ke kantor, untuk mengetahui syarat lebih lanjut. Kami juga lagi mencari komunitas seni. Kami memang butuh anak muda kreatif untuk mempromosikan. Kami akan mengumpulkan karya-karya terbaik dalam channel khusus dispar," terang dia.

Syarat utama konten kreator ini, sambung dia, paling tidak memiliki kemampuan merekam video, mempunyai alat pribadi seperti kamera atau smartphone untuk mengambil gambar, hingga mampu mengedit video dengan menarik.

"Hasil rekaman yang bagus akan dipilih. Saya juga akan lihat potensinya dan tinggal lagi dikembangkan melalui kerja sama dengan pemerintah," sambung dia.

Baca Juga: Dinas Pariwisata Palembang Klaim Mampu Sumbang PAD Rp200 Miliar

3. PHRI Sumsel sebut Palembang butuh 4000 kamar per hari bila setiap kalender even berhasil

PAD Ditarget Rp60 M, Dinas Pariwisata Palembang Gandeng Konten KreatorSituasi pinggiran Sungai Musi bawah Jembatan Ampera (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sementara terpisah, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel, Herlan Aspiudin mengatakan, selain ditargetkan PAD hingga Rp60 milar, kunjungan wisatawan harus mampu mencapai 2,20 juta orang.

"Kita menghitung secara rasional kalau even semuanya berjalan lancar, dari 100 kalender even ramai semuanya, wisatawatan bisa tembus lebih 2 juta orang selama setahun. Jadi, kemungkinan per hari kita butuh 4000-an kamar hotel dan ini membantu income pendapatan pajak hotel yang harus tembus Rp250 miliar selama setahun," tandas dia.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya