MUI Palembang Minta Warga Salat Idul Adha di Masjid Sekitar Rumah

Anjurkan tidak ke Masjid Agung SMB Jayo Wikramo

Palembang, IDN Times - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Palembang meminta warga melaksanakan salat Iduladha di masjid-masjid terdekat, saat perayaan lebaran haji pada 31 Juli 2020.

Menurut Ketua MUI Palembang, Saim Marhadan, upaya mengimbau warga salat di masjid sekitar rumah untuk mengurangi kerumunan di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) Jayo Wikramo.

"Lebih baik salat di masjid di lingkungan masing-masing, atau di rumah silakan," ujar Saim usai rapat persiapan Iduladha di Balai Kota, Rabu (22/7/2020).

1. MUI Palembang harap tidak ada kepadatan di Masjid Agung

MUI Palembang Minta Warga Salat Idul Adha di Masjid Sekitar RumahMasjid Agung Palembang. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Imbauan salat di wilayah tempat tinggal, kata Saim, menjadi langkah sederhana untuk meniadakan aktivitas berduyun-duyun ke masjid utama di Palembang, karena salat di Masjid Agung SMB Jayo Wikramo sudah menjadi tradisi masyarakat.

"Tidak perlu memaksakan diri ke Masjid Agung, karena kalau datang pasti akan padat, sedangkan kita harus disiplin melaksanakan protokol kesehatan," kata dia.

Baca Juga: Keistimewaan Puasa Tarwiyah dan Arafah Jelang Iduladha, Begini Niatnya

2. Pengelola Masjid Agung Palembang diminta tak siapkan saf salat di jalan raya

MUI Palembang Minta Warga Salat Idul Adha di Masjid Sekitar RumahSalat berjarak di Masjid Agung Palembang (IDN Times/Dokumen)

Saim menerangkan, kalau memang harus datang ke Masjid Agung SMB Jayo Wikramo, sebaiknya pengelola juga tidak perlu menyediakan lokasi salat di jalan raya. Pengelola masjid pun harus menyiapkan fasilitas umum sesuai aturan protokol kesehatan COVID-19.

"Nanti akan diinfokan oleh Pemerintah Kota Palembang, tapi yang jelas gambarannya demikian," terang dia.

3. Pengelola pastikan area salat bersih

MUI Palembang Minta Warga Salat Idul Adha di Masjid Sekitar RumahSalat berjarak di Masjid Agung Palembang (IDN Times/Dokumen)

Ketua Yayasan Pengurus Masjid Agung Palembang, Kgs Ahmad Sarnubi menambahkan, pihaknya akan memperhatikan aturan protokol kesehatan saat menjalankan salat Iduladha. Selain itu, pemotongan hingga pembagian hewan kurban.

"Pembagian daging kurban dilakukan oleh perwakilan, sehingga mengurangi antrean dan kerumunan. Tempat harus bersih dengan menyediakan fasilitas cuci tangan, sabun, serta perhatikan jalur masuk maupun keluar. Bila ditemukan jemaah dengan suhu lebih dari 37,5 celsius harus melewati dua kali pemeriksaan berjarak 5 menit," tambahnya.

Baca Juga: 10 Resep Olahan Daging Kambing untuk Iduladha, Bikin Air Liur Menetes

4. Pelaksanaan kesiapan final akan dikoordinasikan dengan kelurahan

MUI Palembang Minta Warga Salat Idul Adha di Masjid Sekitar RumahPerwakilan Polrestabes Palembang, Bagsumda Iptu Makmun (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Perwakilan Polrestabes Palembang, Bagsumda Polrestabes Palembang, Iptu Makmun melanjutkan, rencana pengamanan dari kepolisian pada saat pelaksanaan salat Iduladha telah disusun. Namun untuk finalisasinya akan dibahas usai rapat terakhir persiapan Iduladha.

"Sudah ada persiapannya, nanti setelah rapat final, pelaksanaannya kami akan berkoordinasi dengan kelurahan," tandas dia.

Baca Juga: Ini 3 Tip Memilih Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam untuk Iduladha

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya