Kunjungi Palembang, Ganjar Pranowo Susur Sekanak Lambidaro

Ganjar apresiasi pembangunan Sungai Sekanak Lambidaro

Palembang, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, mengapresiasi proyek pembangunan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang di Sungai Sekanak Lambidaro. Destinasi perairan baru di Palembang itu disebut sebagai wisata edukasi sungai yang perlu dipelajari mendetail.

"Jawa Tengah akan belajar di Palembang. Saya tidak tahu masa lalunya sungai di Palembang, yang saya ketahui kondisinya sekarang sangat bagus," ujar Ganjar saat ikut gotong royong bersama Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo dan Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru, Minggu (23/1/2022).

1. Ganjar Pranowo bakal terapkan program gotong royong sungai di Jawa Tengah

Kunjungi Palembang, Ganjar Pranowo Susur Sekanak LambidaroGanjar Pranowo Sebut Sekanak Lambidaro Palembang Contoh Edukasi Sungai (IDN Times/Dokumen Kominfo Palembang)

Ganjar menilai, Sungai Sekanak Lambidaro Palembang merupakan kinerja positif Pemkot yang berhasil menggalakan gotong royong. Menurutnya, Pemkot sukses membangun semangat warga dalam pembangunan daerah dan menjaga lingkungan kota, termasuk wilayah perairan.

"Ini suatu spirit yang luar biasa, Gotong royong yang digagas Wako sejak 2015 memberikan hasil yang positif," kata dia

Ganjar juga mengakui, konsistensi gotong royong atau program Goro di Palembang bakal ikut diterapkan di Jawa Tengah. Sebab kata dia, program goro mendorong wajah sungai daerah.

“Kita pernah buat kongres Sungai berapa dan teman teman dari Palembang paling antusias dan hasilnya bisa terlihat, terlebih bersama balai sungainya ada sekolah dan posko sungai," timpalnya.

Baca Juga: Catat, Ada Festival Sungai Sekanak Lambidaro di Akhir Januari

2. Harnojoyo janji buat Sungai Sekanak Lambidaro Palembang sesuai julukan Venesia dari Timur

Kunjungi Palembang, Ganjar Pranowo Susur Sekanak LambidaroWali kota Palembang Harnojoyo (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Wako Palembang, Harnojoyo, tak sungkan mengajak Ganjar bersama Herman Deru bergotong royong dan naik perahu nelayan untuk menyusuri Sekanak Lambidaro.

"Ini gotong royong spesial, langsung dihadiri Ketua Kagama yang juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Gubernur kita, Herman Deru,” kata dia.

Sungai Sekanak Lambidaro kata Harnojoyo, pertama kali menjadi kawasan Goro pada 2015 dan sudah bisa dimanfaatkan warga sebagai wisata baru. Ke depan, Sungai Sekanak akan dihidupkan sesuai julukan Venesia dari Timur.

"Ini nanti akan menjadi jalur transportasi sungai dan wisata baru. Alhamdulilah, wajah Sungai Sekanak sudah bagus. Pada tanggal 29- 30 Januari ini akan ada Festival Sekanak Lambidaro," tambahnya.

3. Herman Deru minta warga menjaga lingkungan Sungai Sekanak Lambidaro Palembang

Kunjungi Palembang, Ganjar Pranowo Susur Sekanak LambidaroGanjar Pranowo Sebut Sekanak Lambidaro Palembang Contoh Edukasi Sungai (IDN Times/Dokumen Kominfo Palembang)

Gubernur Sumsel, Herman Deru melanjutkan, perubahan sungai di Sekanak Lambidaro sepanjang 11 kilometer sepatutnya mendorong warga menjaga lingkungan selalu bersih.

"Saya rasa tidak ada yang kurang (pembangunan Sungai Sekanak). Sekarang bagaimana cara menumbuhkan kecintaan warga kita akan kebersihan sungai. Kita juga berterima kasih dengan apresiasi dari Pemprov Jateng," tandas dia.

Baca Juga: Kampung Tangguh Palembang Edukasi Warga Tak Buang Sampah ke Sungai

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya