Pemkot Siapkan Bansos Tahap 2, Dinsos: Jumlahnya 33 Ribu KK

Distribusi bantuan di PSBB Tahap I selesai

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mengklaim penyaluran bantuan sosial (bansos) sebagai jaring pengaman sosial pada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap pertama, selesai terdistribusi tepat sasaran dan merata.

"PSBB periode pertama Pemkot sudah mengucurkan anggaran Rp8,8 Miliar untuk 49 ribu KK penerima manfaat bansos. Nilai tersebut dicairkan dalam bentuk sembako masing Rp179 ribu per paket," ujar Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Palembang, Heri Aprian, Selasa (9/6).

1. Penyaluran bansos tahap dua tunggu persetujuan Wali Kota Palembang

Pemkot Siapkan Bansos Tahap 2, Dinsos: Jumlahnya 33 Ribu KKMengungkap transparansi data penerima bansos di Palembang (IDN Times/Arief Rahmat)

Heri mengungkapkan, pembagian bansos PSBB pertama sudah terealisasi dan akan berlanjut ke tahap dua. Namun pengiriman lanjutan sedang dalam proses, karena masih menunggu persetujuan Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo.

"Kami sudah melaporkan lagi data jumlah warga miskin baru ke Wako di luar Data Terpadu Kesejahteran Sosial (DTKS). Data PSBB tahap kedua ini ada sebanyak 33 ribu kartu keluarga (KK)," ungkap dia.

Baca Juga: Jaring Data COVID-19, UIGM Palembang Tampilkan Perkembangan Real Time 

2. Dinsos pastikan pembagian bantuan tidak tumpang tindih

Pemkot Siapkan Bansos Tahap 2, Dinsos: Jumlahnya 33 Ribu KKJadwal pendistribusian paket sembako Pemkot Palembang (IDN Times)

Heri menerangkan, penerima bantuan sosial pada PSBB kedua adalah warga yang belum mendapat sebelumnya. Ia memastikan, tidak ada pembagian bansos yang tumpang tindih dari penyaluran penerapan PSBB di tahap pertama.

"Warga yang sudah dapat (bansos) di PSBB pertama yang berakhir 2 juni kemarin, tidak mendapatkan kembali bansos kedua. Karena datanya juga sudah ditujukkan di lingkungan Pemkot," terang dia.

Baca Juga: Puncak Kasus COVID-19 di Sumsel Diprediksi Terjadi Pertengahan Juli

3. Sekda sebut penyaluran bansos masih tercukupi selama 15 hari

Pemkot Siapkan Bansos Tahap 2, Dinsos: Jumlahnya 33 Ribu KKSekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa melanjutkan, paket sembako yang disalurkan telah diperhitungkan kecukupannya selama 15 hari, dengan penghitungan anggaran berkisar Rp50 miliar dari total Rp200 miliar dari alokasi penanganan COVID-19.

"Bantuan akan disalurkan sampai dua bulan ke depan, kemungkinan kami predikisi jumlah warga miskin baru bisa bertambah. Maka itu sembako kita estimasi penambahan 5 persen data Misbar," jelasnya.

Sebagai informasi, Pemkot Palembang memiliki anggaran COVID-19 total Rp480 miliar sebagai penanganan virus corona, dengan alokasi dana yang telah terpakai sebesar Rp200 miliar. Sisanya masih belum dikucurkan pemerintah pusat.

Baca Juga: Bupati dan Wako Diminta Penuhi Syarat Ini Sebelum Mulai New Normal

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya